Punya Segudang Manfaat, Kacang Tanah Rebus asal Pemangkih Barabai Kian Diminati

1

SIAPA yang tak suka dengan kacang tanah. Apalagi jika kacang rebus, bukan kacang goreng. Tak salah jika ada peribahasa menyebut produk yang laku keras, dengan sebutan laris seperti kacang goreng.

RUPANYA ini yang dirasakan Duan dan penjaga lapaknya saat menjual kacang rebus di bahu Jalan Gerilya, Tanjung Pagar, Banjarmasin, terakses ke perempatan Jalan Lingkar Dalam Selatan.

Kacang rebus yang dijualnya terbilang renyah, berisi dan sangat enak. Tak mengherankan jika banyak pengendara yang singgah  untuk sekadar membeli kacang rebus asal Pemangkih, Barabai, Hulu Sungai Tengah (HST) ini.

Seperti Rahman, warga Kelayan mengaku tiap kali lewat menyempatkan untuk membeli kacang rebus maupun kacang mentah untuk nanti digodok di rumah.

“Sangat enak, bahkan banyak yang berisi jika dibandingkan kacang rebus lainnya. Apalagi, ada manfaatnya untuk mengkonsumsi kacang yang selama ini selalu dihubungkan dengan berkadar kolesterol tinggi,” ucap Rahman kepada jejakrekam.com, Rabu (20/10/2021).

Dikutip dari merdeka.com, sedikitnya ada delapan manfaat kacang bagi kesehatan tubuh. Yakni, bisa mencegah risiko stroke karena kandungan antioksidan dan resveratrol yang ada dalam kacang tanah disebutkan dipercaya mampu meningkatkan produksi oksida nitrat sehingga mampu mencegah risiko stroke. Selain itu, kalium, mangan, tembaga, kalsium, magnesium, zat besi, selenium, dan seng serta beberapa mineral lainnya dipercaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

BACA : Disorot Lahan Pertanian Berkurang, Gubernur Kalsel Janji Perbaiki Kinerja

Kacang tanah juga bisa mengurangi karena kandungan triptofan asam amino. Zat ini mampu memberi berupa pembentukan serotonin. Serotonin sangat membantu dalam membentuk suasana hati yang positif. Kacang tanah juga mengandung niacin dan resveratrol yang dapat melancarkan sirkulasi peredaran darah ke otak, sehingga dapat menguatkan ingatan. Selain itu, manfaat kacang tanah juga dapat meningkatkan konsentrasi serta memberikan tidur yang lebih lelap bagi kamu yang kerap mengalami gangguan tidur, sehingga bisa meningkatkan memori otak.

Kacang tanah rebus mengandung asam lemak tak jenuh cukup tinggi. Dari berbagai penelitian disebutkan kacang tanah bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan asam lemak yang cukup tinggi ini bisa mencegah penyakit jantung koroner.

Nah, bagi yang rajin mengonsumsi kacang tanah rebus dipercaya dapat membantu cegah penyakit jantung. Manfaat ini berkaitan dengan kandungan asam oleat yang baik bagi jantung. Senyawa ini dipercaya mampu menurunkan risiko kardiovaskular yang menjadi penyebab penyakit jantung koroner.

BACA JUGA : Dari Hasil Riset ULM; Kalangkala, Buah Khas Pedalaman Kalimantan Bisa Jadi Obat

Bagi yang bermasalah dengan gula darah, kacang rebus juga bermanfaat sebagai asupan nutrisi untuk mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Ini karena kandungan mangan yang bisa menyerap kelebihan kalsium maupun glukosa.

Ada lagi, kacang tanah rebus pun dipercaya dapat mencegah kulit dari penuaan dini. Penelitian menunjukkan terdapat molekul antiviral resveratrol yang tinggi pada kacang tanah. Senyawa ini juga ditemukan pada anggur merah yang fungsinya dapat melawan penuaan.

Nah, antiviral resveratrol dapat mengurangi produksi radikal bebas dan meminimalisir kerusakan kulit yang berhubungan dengan sinar matahari. Selain itu, resveratrol juga dapat menghambat perkembangan dan pertumbuhan tumor serta kanker kulit. Terakhir, manfaat kacang tanah rebus dapat meningkatkan kesuburan. Tak heran bila kemudian kacang tanah rebus sangat disarankan bagi yang tengah merencanakan kehamilan.

BACA JUGA : Ini Lima Metode ‘Batambaan’ Pengobatan Tradisional Masyarakat Banjar

Disarankan pasangan untuk mengonsumsi kacang tanah setidaknya 100 gram per hari untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan. Manfaat kacang tanah juga baik dikonsumsi semasa kehamilan, sebab kandungan asam folatnya dapat mendukung perkembangan otak dan saraf janin.

Sadar akan manfaat kacang tanah, pemilik lapak kacang tanah itu memang spanduk berisi manfaat dari tanaman merabat di atas tanah ini. Agar kacang rebus tetap hangat, di bawah meja dilapisi seng itu dipasang kompor gas. Saat ditakar ke bungkusan, uap panas dari kacang rebus itu pun tampak masih mengepul.

“Ya, kacang tanah ini didatangkan langsung dari Pemangkih, Hulu Sungai Tengah. Kalau kami menyebutnya kacang Barabai, karena memang banyak kebun kacang tanah di sana,” katanya.

BACA JUGA : Ayo, Selamatkan Plasma Nutfah Buah Endemik Kalimantan

Tak mengherankan karena kaya manfaat, hampir saban hari di lapaknya menyediakan kacang tanah rebus sekitar dua blek atau setara 40 liter (satu blek sama dengan 20 liter). Bahkan, ada juga dijual kacang tanah mentah.

“Habis hujan, karena kacangnya panas banyak yang datang ke sini. Memang kacang tanah Barabai ini lebih bagus kualitasnya dibanding kacang asal Pelaihari atau Anjir,” bebernya.

Harga per liter untuk kacang rebus dijual Rp 10.000 per liter. Untuk separuhnya Rp 5.000. Sedangkan, kacang mentah ditawarkan Rp 8.000 per liter. Seperti peribahasa, ternyata menjual kacang tanah rebus justru lebih laris dibanding kacang goreng, karena adanya penelitian mengenai segudang manfaatnya bagi kesehatan tubuh.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi
1 Komentar
  1. Imam berkata

    Artikel yang sangat menarik, untuk menambah referensi bisa dibaca pada
    https://repository.unair.ac.id/25644/

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.