Perjuangkan Unsur-unsur Kebudayaan di Rakerbud 2021

0

DINAS Kebudayaan Pariwisata kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Barito Utara, melaksanakan Rapat Kerja Kebudayaan, Selasa (19/10/2021)

KEGIATAN dihadiri Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, DR Rahmad Muradni. Anggota DPRD Mustapa Joyo Muchtar, Kadis Budparpora Hj Annisa Cahyawati, serta undangan lainnya dilaksanakan di aula Disbudparpora setempat.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan DR Rahmad Muradni mengatakan, menyambut baik dan mendukung terhadap kemajuan kebudayaan di daerah ini, bahwa daerah merupakan ujung tombak strategi kebudayaan.

BACA: Festival Seni Budaya Pelajar Dibuka Resmi Wabup Barito Utara

Dikatakannya, Undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan menjadi landasan bagi seluruh kebijakan dan rencana aksi dalam memajukan kebudayaan tersebut ke arah yang lebih baik.

Menurutnya, Raker Kebudayaan 2021 merupakan langkah kongkrit implementasi konsep undang-undang pemajuan kebudayaan yakni mensinergikan pemerintah, pemangku kepentingan dan masyarakat secara bersama melakukan perlindungan, pelestarian, pengembangan pemanfaatan dan pembinaan objek pemajuan kebudayaan serta dijalankan dalam ekosistemnya.

Pemkab Barito Utara berharap kegiatan rapat kebudayaan ini menghasilkan output dan hasil yang baik, karena merupakan pertemuan yang penting dan strategis dalam upaya memantapkan keterpaduan tugas dan komitmen bersama antar seluruh pemangku kepentingan yang telah terjalin dengan baik selama ini.

BACA JUGA: Di Kampanye Kebudayaan, Nadalsyah Janjikan Penyempurnaan Pembangunan Barito Utara

Selain itu juga, rapat kerja kebudayaan 2021 ini adalah sarana untuk koordinasi, evaluasi dan menghimpun solusi dalam diskusi atas permasalahan dan usulan penyelesaian yang dihadapi daerah. Dalam upaya pemajuan kebudayaan khususnya di Kabupaten Barito Utara.

Unsur-unsur kebudayaan yang diperjuangkan saat ini meliputi kesenian, tradisi, sejarah, purbakala dan kearifan lokal.

Pemerintah daerah mengajak semua pihak, baik unsur pemerintah, swasta, masyarakat secara aktif berperan mendukung kelancaran dan keberhasilan agar dapat maju, makmur dan sejahtera.

Adapun Perserta yang mengikuti rapat kerja kebudayaan berjumlah 16 orang yang terdiri dari 9 camat, 2 lurah, 3 kades, 1 orang perwakilan seniman dan 1 orang perwakilan budayawan.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.