Tiga Kali Istirahat dari Kiram Park, Peserta Tour de Loksado Tiba di Kandangan

0

SEBANYAK 204 peserta dari berbagai provinsi yang mengikuti Tour de Loksado, tiba di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Sabtu (16/10/2021) sekitar pukul 12.30 Wita.

KEDATANGAN para peserta mendapat pengawalan  personel kepolisian, disambut Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten HSS, Marta Karya Saputra dan panitia.

Tercatat, ada 204 peserta mengikuti even kali ini. Bahkan, ada pesepeda berusia muda dan di atas 46 tahun dari berbagai provinsi. Dari luar Kalimantan Selatan, ada duta Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Bali.

Kepala Disporapar Kabupaten HSS Marta Karya Saputra mengungkapkan Tour de Loksado merupakan kegiatan Pemprov Kalsel, karena star atau awalnya dari Kiram Park, Kabupaten Banjar. Namun, beber dia, tujuan akhir atau finish berada di wilayah objek wisata Loksado.

BACA : Dihelat Pertengahan Juni, Dispar Kalsel Siap Gelar Ajang Tour de Loksado

“Tour de Loksado ini sebenarnya sudah sangat lama dilakukan persiapan, termasuk uji coba pada Juni 2021 lalu. Namun, karena pandemi Covid-19, maka even ini baru bisa terlaksana pada Oktober ini,” ucap Marta.

Peserta Tour de Loksado saat menuju perjalanan dari Kandangan ke Loksado (Foto Iwan Sanusi)

Ia mengingatkan kepada para peserta selama berada di Loksado bisa memanfaatkan waktu luang pada Minggu (17/10/2021) guna menikmati semua fasilitas wisata yang selama ini dikelola pihaknya.

Sementara, itu, peserta Tour De Loksado dari Banjarmasin, Chandra mengaku senang dalam kegiatan gowes bersama itu. Ini demi memajukan parisiwata Kalimantan Selatan, khususnya Kabupaten  HSS.

“Inilah kesempatan untuk memperkenalkan wisata Loksado kepada peserta yang berasal dari luar Provinsi Kalsel. Kami berharap even ini bisa menjadi agenda tahunan,” kata Chandra.

BACA JUGA : Diawali Aruh Basambu dan Bawanang, Syukur Hasil Panen, Dayak Loksado Gelar Aruh Ganal

Menurut dia, selama perjalanan tidak ada kendala yang dialami peserta, sejak start di Kiram Park hingga sampai ke pusat kota Kandangan dengan tiga kali istarahat di perjalanan.

Setelah satu jam lebih beristirahat di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan, para peserta kembali melanjutkan perjalanan menuju Loksado sekitar pukul 14.00 Wita. Keberangkatan peserta sendiri dilepas Sekretaris Daerah HSS Muhammad Noor.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.