Diikuti 36 Wartawan, PWI Kalsel Gelar UKW Angkatan ke-13

0

SEBANYAK 36 wartawan se-Kalimantan Selatan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XIII, yang dilaksanakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel.

UJIAN dihelat selama dua hari. Dari Jumat hingga Sabtu 16-17 Oktober 2021 di Gedung PWI setempat. Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie, mengungkapkan dengan diselenggarakannya UKW ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan.

Tidak hanya itu, menurut Helmie, UKW juga menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan, menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik, menjaga harkat martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual.

“Ini sebagai upaya mewujudkan wartawan yang profesional dalam mendukung pembangunan sesuai UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers,” ucapnya.

BACA JUGA: Tergolong Rentan Terpapar, Ratusan Wartawan Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Gedung PWI Kalsel

Kegiatan UKW ini diikuti oleh wartawan dari berbagai media baik cetak, elektronik maupun media online di Kalsel. Terdapat enam kelas yang terdiri dari 3 kelas jenjang yang diujikan. 4 kelas jenjang muda, 1 kelas jenjang madya dan 1 kelas jenjang utama.

Setiap kelas itu nantinya akan dipandu oleh seorang penguji bersertifikat penguji nasional dari Dewan Pers.

BACA JUGA: Dukung Agenda Revolusi Hijau, PWI Kalsel Tanam Pohon Ulin

Banyak materi yang diujikan seperti menulis berita, kode etik, teknik wawancara dan sebagainya. Meskipun sudah menjadi pekerjaan rutin wartawan, kami pikir pembekalan penting dilakukan guna mengingatkan kembali,” paparnya.

Helmie juga mengatakan kegiatan ini merupakan kerjasama pihak PWI Kalsel dengan Sebuku Coal Group dan Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan pihak-pihak yang memiliki komitmen untuk membantu pihaknya dalam meningkatkan kualitas iklim jurnalistik di Kalsel,” tutupnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.