Bersama BMKG, Kelompok Tani Baru Siang Gantung Gelar Panen Raya

0

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banjarbaru, Dinas Pertanian HSS, dan Kelompok Tani Bina Baru Desa Siang Gantung, Kecamatan Daha Barat, laksanakan panen raya dan penutupan sekolah lapang iklim (SLI) operasional tahun 2021, Kamis (14/10/2021)

DESA Siang Gantung menjadi tempat yang kedua kalinya dilaksanakan SLI dan panen raya oleh pihak BMKG dan bersama Dinas Pertanian sejak tahun 2020.

Kepala Stasiun Klimatologi Banjarbaru, Goeroeh Tjiptanto, menyampaikan, selama dua tahun ini pihaknya selalu menjalin sinergitas dengan dinas pertanian Kabupaten, terutama dalam hal optimalisasi lahan rawa yang dijadikan tempat untuk melakukan tanam padi.

“Hal itu tentu bukanlah hal yang mudah dilakukan karena dihadapkan pada kondisi curah hujan, namun karena kerja sama yang juga dilakukan bersama Badan Penyuluh Pertanian (BPP), maka semuanya bisa berjalan dengan baik hingga menemui hasil yang diharapkan bersama,” katanya.

BACA JUGA: Hadiri Panen Raya di Batola, Pj Gubernur Kalsel: Kita Tak Perlu Lagi Beras Impor

Lantaran disaksikan anggota DPR RI secara virtual, Goeroeh pun meminta dewa bisa menyuarakan untuk kemakmuran masyarakat petani, khususnya di wilayah Daha yang saat ini masih banyak lahan rawa yang belum ter optimalisasi.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Pertanian Dinas Pertanian Hulu Sungai Selatan Teguh Raharjo mengharapkan apa yang sudah dilakukan masyarakat tani Siang Gantung bisa lebih meningkatkan hasil produksi untuk ke depannya.

“Dinas Pertanian sendiri juga akan terus menyalurkan berbagai bantuan berupa bibit dan obat obatan, serta jika tanaman ada yang gagal panen, maka hal itu juga bisa di klaim ke Dinas Pertanian, jika sesuai degan kriteria, maka akan diberikan ganti rugi dengan menggunakan dana dari kementrian,” katanya. (jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.