Sampah TPS Belda Menumpuk di Siang Hari, DLH Minta Warga Taati Aturan

0

MESKI dilarang, perilaku membuang sampah di tempat pembuangan sementara (TPS) ketika siang hari masih saja dilakukan segelintir warga.

DARI pantauan jejakrekam.com di TPS Jalan Belitung Depan Kantor Navigasi, misalnya, tampak sampah menumpuk hingga meluber ke badan jalan. Padahal, waktu sudah menunjukkan pukul 11.00 Wita.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah DLH Kota Banjarmasin, Marzuki, mengatakan bahwa pihaknya sudah berupaya membersihkan sampah-sampah tersebut pada pagi hari.

“Itu karena ada warga yang buang sampah tidak mengenal waktu. Paginya sudah kami bersihkan, muncul lagi buangan baru,” ujarnya.

BACA JUGA: Spanduk Ancaman DLH Banjarmasin Tak Mempan, Sampah Keluarkan Bau Busuk di Jalan AMD Permai

Dia pun mengimbau kepada masyarakat Kota Banjarmasin agar mematuhi jadwal membuang sampah di tempat pembuangan sampah sementara (TPSS) di sekitar permukiman masing-masing.

Adapun jadwal membuang sampah berdasarkan Peraturan Wali Kota (Perwali) yakni pukul 18.00 sampai dengan pukul 06:00 Wita. 

“Sosialisi jadwal membuang sampah terus digencarkan untuk menggugah kesadaran warga yang masih rendah demi kepentingan bersama,” kata Jack sapaan akrabnya.

BACA JUGA: Sampah Makan Separuh Jalan, DLH Siapkan TPS Pengganti di Jalan Lingkar Dalam Selatan

Marzuki bilang, kalau jadwal membuang sampah dipatuhi akan memudahkan petugas pengangkut sampah hingga akhirnya tidak ada lagi sampah yang berserakan di penampungan sementara.

Selain itu, sebagai upaya menyadarkan warga tentang jadwal membuang sampah telah diedarkan surat ke kantor lurah, camat, rukun tetangga (RT), dan rukun warga (RW) se-Kota Banjarmadin.

Menurutnya, edukasi kepada masyarakat harus ditingkatkan karena berbicara sampah bukan sekadar kebersihan lingkungan, tetapi kesehatan bagi warga. 

“Nah, kendalanya sekarang masyarakat sudah mengetahui aturan jadwal membuang sampah, tetapi masih banyak yang melanggarnya,” tutupnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.