Gelar Pelatihan WUB Kain Sasirangan, Peserta Diharapkan Sukses dan Produktif

0

PEMERINTAH Kota Banjarmasin melalui Dinas Perdaganggan dan Perindustrian (Disperdagin), menggelar Pelatihan Wira Usaha Baru (WUB) Pembuatan Kain Sasirangan dengan Pewarna Tekstil. Kegiatan dipimpin dan dibuka langsung oleh Plh Sekdako Banjarmasin, Sugito Said yang berlangsung di Aula Kayuh Baimbai Balai Kota Banjarmasin, didampingi Kepala Disperdagin Kota Banjarmasin Ichrom Muftezar serta Camat dan Lurah terkait, Senin (11/10/2021).

KEPALA Disperdaging Kota Banjarmasin Ichrom Muftezar mengatakan pelatihan WUB kain sasirangan dengan pewarna tekstil tersebut berjumlah 30 peserta yang di ambil dari beberapa Kalurahan di Kota Banjarmasin. “Diantaranya adalah Kelurahan Melayu, Kelurahan Banua Anyar, Kelurahan Mantuil, Tanjung Pagar, Belitung Utara, Kuin Utara, Kuin Cerucuk. Dan tiap Kelurahan itu jumlah pesertanya ada 5 orang,” sebutnya.

BACA: Warga Desa Teluk Karya Ikuti Pelatihan Sasirangan dengan Pewarna Alami

Ia mengungkapkan kegiatan tersebut terlaksana dari tanggal 11 Oktober sampai dengan 14 Oktober 2021.

Sebelum Pandemi Covid-19 melanda kota, lanjutnya, WUB tersebut sebelumnya terfokus di 1 tempat saja dan pada saat Pandemi melanda sekarang ini pihaknya memecah tempat tersebut menjadi 3 tempat. “Tempat pertama di Yaya Sasirangan, tempat kedua di Adim Sasirangan Eksklusif dan yang ketiga adalah di Alika Sasirangan. Jadi masing-masing workshop itu ada 10 orang peserta dan 1 orang instruktur,” bebernya.

Pria yang kerap disapa Tezar itu berharap dalam 4 hari pelatihan, para peserta WUB memiliki kemampuan dasar untuk pembuatan Kain Sasirangan dengan pewarna tekstil. “Mudah-mudahan mereka bisa menjadi WUB yang mandiri, WUB yang sukses bisa produktif tentunya dengan memperhatikan kualitas dan mengetahui keinginan masyarakat, keinginan pembeli,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfotik

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.