Konsep Dasar Tata Ruang Terintegrasi Dibahas Pemkab Tanah Bumbu

0

SESUAI amanat Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang, proses penyusunan konsep Rencana Dasar Tata Ruang (RDTR) dilakukan secara terintegrasi dengan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS).

GUNA mendukung hal tersebut, Dinas Pekerjaan Umum bidang Tata Ruang dan Jasa Kontruksi melaksanakan kegiatan Konsultasi Publik (KP) I Analisis Dan Penyusunan Konsep RDTR Kawasan Perkotaan di Kabupaten Tanah Bumbu di Seroja Hall Hotel Ebony.

Pembahasan ini bertujuan untuk mengkonfirmasi Proses Penyusunan Rencana Dasar Tata Ruang (RDTR) untuk selanjunya menjadi Rencana Tata Ruang (RTR) di tingkat daerah. Pada kesempatan ini Direktur Pembinaan Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah II, Eko Budi Kurniawan,

“Penyusunan KLHS disusun terintegrasi dalam Proses Penyusunan RTRW Kabupaten/Kota pada tahapan pengolahan data dan analisis. Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara pelaksanaan integrasi KLHS dalam penyusunan RTR diatur dengan Peraturan Menteri.” ujarnya.

BACA: Panen Bencana Akibat Carut Marut Tata Ruang

“Kedatangan kami bertujuan untuk memberikan bantuan teknis tentang Penyusunan RTR, dan untuk wilayah Povinsi Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu merupakan kabupaten yang menjadi pilot project percepatan penyususnan RTR,” Lanjutnya.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar dalam sambutnya yang disampikan Asisten Ekonomi Pembangunan, Rammad Prapto Udoyo mengatakan, kami mengucapkan terimakasih kepada Direktur Pembinaan Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah II yang telah memilih Kabupaten Tanah Bumbu sebagai kabupaten yang di berikan Bantuan Teknis tentang penyusunan RTR.

“Kami sangat berterimakasih kepada Direktur Pembinaan Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah II, yang telah memlih Tanah Bumbu sebagai Pilot Project Percepatan Penyusunan RTR untuk di daerah,” ujarnya.

“Mudahan dengan bantuan teknis ini, penyusunan RDTR Kawasan Perkotaan di Kabupaten Tanah Bumbu, lebih cepat sesuai target,” sambung Rammad Prapto Udoyo.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tanah Bumbu dan para pejabat terkait.(jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.