Dinas Kesehatan Barut Evaluasi Penanganan Dan Penanggulangan Covid 19

0

DINAS Kesehatan Kabupaten Barito Utara, melaksanakan rapat evaluasi program kesehatan lingkungan puskesmas untuk keperluan pencegahan dan penananggulangan covid-19, di aula Setda lantai I, Senin (11/10/2021).

KEGIATAN rapat ini dibuka Kepala Dinas Kesehatan H Siswandoyo dan dihadiri Sekretaris Dinkes Pariadi, Kabid PSDK Ruyanto, Kabid Kesmas Enny Franziah serta pengelola program 17 Puskesmas se Barito Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara H Siswandoyo, mengatakan dalam pelaksanaannya pembangunan kesehatan diselenggarakan berdasarkan asas perikemanusiaan, pemberdayaan dan kemandirian serta adil dan merata dalam mengutamakan aspek mamfaat utamanya bagi kelompok rentan seperti ibu, bayi, usia lanjut serta keluarga tidak mampu.

BACA: Audit Maternal Perinatal Proyeksi Pembangunan Kesehatan Barito Utara

Menurut Siswandoyo, Puskesmas adalah unit pelayan teknis Dinas Kesehatan Kabupaten yang bertanggung jawab terhadap pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya masing-masing.

Dikatakan Siswandoyo, kesehatan lingkungan merupakan faktor penting dalam kehidupan sosial kemasyarakatan bahkan merupakan salah satu usur penentu atau determinan dalam kesejahteraan penduduk.

Di mana lingkungan yang sehat sangat dibutuhkan bukan hanya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, tetapi juga untuk kenyamanan hidup dan meningkatkan efesiensi kerja dan belajar.

Lebih lanjut dikatakan, program kesehatan adalah salah satu program puskesmas yang berupaya untuk menciftakan kondisi lingkungan yang mampu menopang keseimbangan ekologi yang dinamis antara manusia dan lingkungan untuk mendukung tercapainya kualitas hidup manusia dan lingkungan untuk mendukung tercapainya kualitas hidup yang sehat dan bahagia.

Selain itu juga, program kesehatan lingkungan adalah upaya untuk meningkatkan kesehatan lingkungan melalui upaya sanitasi dasar, pengawasan mutu lingkungan dan tempat umum.

Seperti pengendalian pencemaran lingkungan dengan meningkatkan peran serta masyarakat dan keterpaduan pengelolaan lingkungan melalui analisis dampak lingkungan serta program stop buang air besar sembarangan.

Sementara Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Enny Franziah menyampaikan laporannya pada kegitaan tersebut mengatakan maksud dan tujuan dari dilaksanakannya kegiatan evaluasi program kesehatan lingkungan puskesmas ini adalah agar peserta yang mengikuti kegiatan ini mampu meningkatkan pelaksanaan dan capaian program kesehatan lingkungan.

BACA JUGA: Dinkes Barito Utara Gelar Pertemuan Orientasi KPP Dalam Pencegahan COVID-19

Selain itu kata dia pada peserta mampu meningatkan capaiaan program pengawasan kualitas air, pengawasan makanan dan minuman, pengawasan tempat-tempat umum, akses sanitasi terhadap jamban sehat, pengelolaan limbah medis serta pengembangan kabupaten kota sehat.

Hal ini kata dia,dapat mempercepat pengiputan program penyehatan lingkungan dengan aplikasi Monev HSP, E- Monev TFU, E-Monev PKAM dan STBM Smart.

Pada kegiatan itu juga Kadis Kesehatan mengapresiaasi kepada puskesmas yang telah melaksanakan pengiputan terbanyak E-Monev Kesehatan Lingkungkungan yang diserahkan kepada pemegang program kesling yaitu, puskesmas Muara Teweh, Puskesmas Lanjas dam Puskesmas Pir Butong.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.