Husairi Abdi

Napi Lapas Tanjung Ramai-ramai Rekam e-KTP, Beres Daftar Langsung Terima Kartu

0

RATUSAN narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung melakukan perekaman e-KTP dan pengecekan data kependudukan, pada Sabtu (9/10/2021).

KALAPAS Tanjung, Heru Yuswanto, mengatakan perekaman dan pengecekan data di lapas memang menjadi arahan pemerintah pusat untuk memfasilitasi warga binaan yang belum memiliki nomor induk kependudukan (NIK).

Selain itu, pengecekaan ini guna memastikan mereka yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS penerima bantuan iuran (PBI) dapat terakomodasi.

“Ini juga bertujuan untuk pemerataan vaksinasi Covid-19 kepada warga binaan Lapas Tanjung,” ujarnya.

BACA JUGA: Usai Vaksin Tahap Dua, Tersisa 413 Napi Lapas Tanjung yang Belum Disuntik

Dalam kegiatan ini, warga binaan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran dan melakukan perekaman biometrik melalui irish mata.“Jika warga binaan tersebut sudah terdaftar, maka petugas perekam hanya melakukan konsolidasi data dan E-KTP langsung dicetak,” katanya.

Ia menambahkan, jika warga binaan belum terdaftar maka mereka harus melakukan perekaman baru dan data rekam tersebut diinput ke sistem Aplikasi SIAK untuk mendapatkan nomor NIK serta langsung dicetak.

“Proses ini berlangsung dengan cepat dan mudah. Setelah selesai dicetak, E-KTP langsung diserahkan kepada warga binaan,” tambahnya. E-KTP langsung diserahkan oleh Kadis Dukcapil Tabalong dan Kalapas IIB Tanjung kepada WBP bersangkutan. (jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.