Wacana Penggabungan DLH dengan Disperkim Kabupaten Banjar dan Upaya Efektifitas Birokrasi Menuju Smart Government

0

Oleh : Lyta Permatasari

WACANA penggabungan beberapa dinas di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar terdengar sangat jelas. Dengan alasan efisiensi dan efektifitas struktural, hal ini menjadi penting untuk dipahami bersama.

KE DEPAN ruang struktural memang akan lebih sepi berganti dengan ruang fungsional yang rame dan berwarna. Lalu apa sajakah yang diperlukan atau perlu disiapkan untuk penggabungan dua dinas ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Permukiman (Disperkim) Kabupaten Banjar?

1. Implementasi Struktural by demand.

2. Integrasi Sistem Informasi Kedinasan berbasiskan web system/ android.

3. Mulai menciptakan birokrat entreprenuer.

Tiga besar bahasan tersebut akan saya jabarkan satu demi satu.

1. Implementasi Struktural by demand (struktural ada, bila diperlukan sesuai manfaatnya, sesuai permintaan/ requirement analisis kebutuhan dan beban kerja). Saat ini, efektifitas kinerja perlu segera dibenahi berkaitan dengan kesiapan atau menyiapkan birokrat yang matang dan tidak tergesa-gesa dalam menduduki suatu jabatan. Mungkin terdengar sederhana, namun kematangan seorang birokrat dalam mengambil suatu keputusan adalah segalanya.

BACA : Kekuatan Covid Vs Ketangguhan Daerah dalam Menghadapi Situasi Pandemik di Kalimantan Selatan

Birokrat berdiri di atas masyarakatnya yang memerlukan pengayoman dan pembinaan. Oleh karenanya birokrat di level struktural harus memiliki kematangan secara psikologis. Pintar atau cerdas saja tidak cukup karena layanan birokrat adalah masyarakat dan masyarakat bukan benda mati melainkan benda hidup dengan segenap ide dan harapan. Oleh karena itu, mendudukkan birokrat sesuai kematangan dan keahliannya itu sangatlah penting, apalagi bila tugasnya berkaitan dengan pengelolaan lingkungan hidup dan perumahan serta permukiman. 

2. Integrasi Sistem Informasi Kedinasan Berbasis Web System/Android.

Ketepatan waktu dan kecepatan proses administrasi, kedepan sangat diperlukan. Untuk ruang lingkup keuangan misalnya, by system hanya dengan input data semua laporan bisa tersaji sesuai keinginan dengan membuat format-format laporannya secara benar. Analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) pun sebenarnya harus segera tersaji secara online bila konsep paperless office menjadi rujukan di Dinas Lingkungan Hidup. Hal terkait rekomendasi perizinan pun tersaji online. Ada banyak konsultan perencana sistem yang bisa merancang sistem otomatisasi perkantoran sesuai dengan database dan format laporan yang kita inginkan. Intinya, real time processing of data harus menjadi target kita bersama.

BACA JUGA : Konsep Power to Powerless Demi Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kalsel

3. Mulai Menciptakan Birokrat Entreprenuer

Laju komunikasi data juga sistem informasi mengharuskan aparatur sipil negara (ASN) menjadi multitalenta tidak saja cakap dalam bekerja namun juga bisa membuat inovasi-inovasi pekerjaan yang bisa mengakselerasi motivasi spirit dan pemikiran sehingga ASN tidak ketinggalan geraknya dan menjadi lebih profesional. Inovasi lahir dari kreativitas.

Kreativitas lahir dari spirit. Spirit lahir dari kemauan dan kemauan lahir dari niat untuk melakukan hal yang terbaik sesuai ruang tugasnya. ASN inovatif, kolaboratif, matang dan berwawasan juga sangat mengerti perubahan masyarakat dan bisa adaptif dalam segala ruang tugas yang diberikan adalah kunci kesuksesan lembaga. Jadi penggabungan dinas baik sesuai rumpun tugasnya, adalah sah-sah saja atas nama efektifitas struktural dan efisiensi beban kerja asalkan saja sumber daya manusia (SDM) di dalamnya telah memiliki kesiapan setidaknya pada tiga hal tersebut di atas.

Sebuah pemikiran dan solusi untuk Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Permukiman di Kabupaten Banjar yang sebentar lagi akan bergabung.(jejakrekam)

Penulis adalah ASN di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar

Alumni S3 Ilmu Lingkungan Universitas Brawijaya

Staf Pengajar S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat

HOST acara GO GREEN Creative RRI Banjarmasin

[email protected]

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.