Pilih Formatur, DPC PPP HST Siap Gelar Muscab pada 8 November 2021

0

GELARAN musyawarah cabang (muscab) pada 8 November 2021 siap dilaksanakan jajaran pengurus DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Ini berdasar usulan dari DPC PPP HST kepada DPW PPP Kalimantan Selatan dalam rapat pimpinan wilayah (Rapimwil) I.

DALAM Rapimwil I PPP Kalimantan Selatan digelar di Sekretariat DPW PPP Kalsel, Jalan Achmad Yani Km 6, Banjarmasin, Minggu (3/10/2021), disusun agenda untuk jadwal pelaksanaan muscab secara bertahap di 13 kabupaten dan kota.

Sekretaris DPW PPP Kalsel Arif Rahman Hakim dalam Rapimwil I itu memutuskan pelaksanaan muscab PPP dimulai pada 24 Oktober hingga berakhir pada 15 November 2021 mendatang. Diawali DPC PPP Kabupaten Tabalong dan ditutup DPC PPP Banjarmasin dan Banjarbaru pada pertengahan November nanti.

“Dalam Rapimwil PPP Kalsel, kami mengusulkan untuk Muscab PPP Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) bisa digelar pada 8 November 2021. Seandainya, DPW PPP Kalsel menginginkan untuk dimajukan tanggal pelaksanaan, kami juga siap,” kata Plt Ketua DPC PPP Kabupaten HST, Jainuddin Bahrani kepada jejakrekam.com, Selasa (6/10/2021).

BACA : Raihan Kursi Turun, Plt Ketum PPP : Tebus, Menangi Pilkada di Kalsel

Menurut dia, hal itu juga terkait denga kesiapan hadirnya jajaran pengurus DPW PPP Kalsel dan DPP PPP di acara muscab yang akan dilangsungkan di Barabai. Jainuddin mengungkapkan dalam muscab itu hanya memilih tiga formatur, terdiri dari satu perwakilan dari DPC PPP HST dan dua utusan dari Pengurus Anak Cabang (PAC).

“Nah, jika ditambah dengan utusan DPP PPP dan DPW PPP Kalsel sekaligus ketua formatur, maka jumlahnya menjadi lima orang. Untuk orang yang akan mengisi posisi ketua cabang bersama pengurus lainnya akan dipilih lima orang formatur,” beber mantan Wakil Ketua DPRD HST ini.

Berdasar ketentuan, Jainuddin mengatakan maka pengurus yang masa periodenya satu periode penuh selama lima tahun, berhak dipilih formatur untuk menjadi ketua dan pengurus DPC PPP HST.

BACA JUGA : Pengurus DPW PPP Kalsel Sudah Disahkan, DPC PPP se-Kalsel Siap Helat Muscab

Untuk diketahui, berdasar hasil Pemilu 2019 lalu, raihan kursi PPP di Kabupaten HST menurun dibanding Pemilu 2014. Dari awalnya empat kursi bahkan bisa merebut posisi pimpinan dewan, terpangkas satu kursi. PPP pun hanya bisa mengutus tiga wakilnya di DPRD HST periode 2019-2024.

Penyumbang satu kursi PPP itu berasal dari dapil 1 (Kecamatan Barabai, Batu Benawa dan Hantakan), bisa diraih Supiannor dari 10 kursi tersedia di DPRD HST. Berikutnya, di dapil 2 (Kecamatan Labuan Amas Selatan dan Haruyan) tersedia enam kursi, Muhammad Jaini dari PPP bisa mengambil jatah.

Sementara di dapil 3 (Kecamatan Pandawan dan Labuan Amas Utara), PPP belum berhasil merebut kursi parlemen. Berbeda dengan dapil 4 terdiri dari Kecamatan Batang Alai Selatan, Batang Alai Timur, Batang Alai Utara dan Limpasu dengan tujuh kursi, Nasruddin SY bisa mempertahankan kursinya di DPRD HST.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.