Rutan Kelas IIB Kandangan Gelar Apel Deklarasi Zero Halinar

0

MENINDAKLANJUTI surat edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan tanggal 19 September 2021, tentang langkah progresif mengenai penertiban jaringan listrik, handphone, dan peningkatan kewaspadaan keamanan dan ketertiban di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan. Seluruh petugas Rutan Kelas IIB Kandangan mengikuti Apel Deklarasi Zero Halinar (Handphone, Pungli dan Narkoba).

KEGIATAN diawali dengan pembacaan Deklarasi Janji Zero Halinar bersama antara petugas dengan WBP yang dipimpin oleh Kepala Rutan Jeremia L Sinuraya dan perwakilan warga binaan pemasyarakatan (WBP). Dilanjutkan dengan penandatanganan surat pernyataan bagi pejabat struktural dan komitmen bersama bagi seluruh petugas dan WBP Rutan Kandangan.

Pada kesempatan ini Kepala Rutan meminta seluruh pihak, baik petugas maupun WBP, untuk tidak melanggar janji yang telah diucapkan saat deklarasi. Serta mengimbau agar Rutan Kandangan selalu bersih dari penggunaan alat komunikasi ilegal, pungutan liar, dan narkotika. “Kita telah mendeklarasikan bahwa Rutan Kandangan zero halinar, Ini merupakan komitmen kita bersama baik petugas maupun WBP,” ungkap Jeremia.

BACA: Tak Ingin Jadi Lapas Tangerang, Instalasi Listrik Rutan Kandangan Langsung Dicek

“Tidak ada toleransi bagi petugas maupun WBP yang terbukti menyalahgunakan narkotika, dan saya berharap kita bekerja sama untuk menjaga Rutan Kandangan tetap zero halinar,” tegas Jeremia.

Kegiatan yang juga dilaksanakan UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia adalah upaya terhadap peniadaan penggunaan handphone ilegal dan barang terlarang lainnya di lingkungan Lapas/Rutan. Namun guna mendukung pelayanan bagi WBP, Rutan Kandangan menyediakan fasilitas telekomunikasi khusus sehingga tidak ada lagi alasan menggunakan alat komunikasi ilegal.

Selain itu, WBP juga dapat memanfaatkan layanan video call secara gratis selama kegiatan kunjungan langsung ditiadakan. Dengan adanya solusi ini, diharapkan dapat menjadi momen penyemangat dalam menciptakan Rutan Kandangan yang aman, tertib, dan bebas dari halinar.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.