Kadiskominfo Tanah Bumbu Kunjungi Diskominfo Kota Samarinda

0

DINAS Komunikasi Dan Informatika Kabupaten (Diskominfo) Tanah Bumbu kunjungan ke Diskominfo Kota Samarinda, Selasa (28/9/2021).

KUNJUNGAN rombongan disambut langsung Kadis Kominfo Kota Samarinda Aji Syarif Hidayatullah.

Dalam kunjungan itu turut dikenalkan kepada Kadis Kominfo Tanbu Ardiansyah tentang sistem Command Center yang mendukung program pelayanan informasi kepada masyarakat melalui titik pantau yang ada dalam layar.

“Layar-layar dan komputer yang ada di command center ini, terhubung juga dengan sejumlah CCTV di kawasan Kota Samarinda, masyarakat bisa mengetahui kepadatan arus lalu lintas,” kata Aji Kadiskominfo Samarinda.

BACA: Momen Ramadhan Diskominfo Tanah Bumbu Gelar Tausiah

Melalui penayangan rekamannya, dapat diketahui sejumlah data, dari mulai penduduk sampai kendaraan. “Kami ada video analitic, CCTV yang sudah kita lengkapi untuk menghitung atau meng-counting jumlah massa, sehingga kita bisa tahu titik titik mana saja yang padat penduduk, termasuk kerumunan masyarakat,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu Aplikasi yang dikenakan lagi yakni, sistem Aplikasi BAPADAH sebagai portal pengaduan masyarakat, kemudian Smart RT yang terintegrasi mulai dari Kelurahan, Kecamatan, terutama mendukung pelayanan berkaitan dengan program catatan sipil.

Kemudian, Diskominfo Samarinda turut memperkenalkan nomor tunggal 112 untuk pelayanan kedaruratan.

Aji Syarif Hidayatullah menjelaskan bahwa 112 bisa digunakan untuk kejadian kebakaran dan bencana lainnya. Namun informasi terintegrasi dengan pihak penanganan bencana itu. “Misalnya, begitu ada bencana semua bisa terkoneksi dengan rumah sakit, Polresta dan Barisan Pemadam,” ujarnya.

BACA JUGA: Diskominfo Tanah Bumbu Susun Renstra Keamanan Informasi

Kemudian ada sistem informasi yang terintegrasi guna mempermudah proses penyusunan laporan keuangan. “Mendukung OPD lainnya, yakni berkaitan dengan proyek PUPR, tentu informasi bisa dilihat mengenai proyek yang sudah selesai,” katanya.

Sementara Kadiskominfo Tanbu Ardiansyah mengatakan dalam studi banding ini tentu ada persamaan dan perbedaan antara dua Diskominfo berlainan daerah ini.

“Namun, apa yang ada kesamaan aplikasi tetap saling bertukar informasi dan bila ada perbedaan aplikasi tentu diharapkan saling memberi masukan atau sama sama belajar,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.