Husairi Abdi

PKB Songsong Pemilu 2024, Yakin Bisa Dua Besar di Kalimantan Selatan

0

MENGACA hasil Pemilu 2019, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menatap optimisme bakal menjadi parpol besar di Kalimantan Selatan. Targetnya, parpol yang didirikan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini menjadi dua besr di Banua.

WAKIL Ketua DPW PKB Kalsel Dirham Zain mengatakan target PKB menjadi dua besar di Kalimantan Selatan bukan sebuah hal yang mustahil.

“Di bawah kepemimpinan Pak Zairullah Azhar (Ketua DPW PKB Kalsel), justru PKB makin mengokohkan sebagai parpol besar. Terbukti dari hasil Pemilu 2019 lalu, bisa merebut banyak kursi baik untuk tingkat pemilihan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan maupun DPRD kabupaten dan kota. Begitupula, PKB bisa merebut satu kursi DPR RI,” kata Dirham Zain kepada jejakrekam.com, Rabu (29/9/2021).

Dia merujuk pada hasil Pemilu 2019 lalu, PKB bisa merebut lima kursi di DPRD Kalimantan Selatan dengan menempatkan lima kadernya; Suripno Sumas,  Agus Mawardi, Habib Musa Assegaf, Hormansyah, dan Hamsyuri.

“Bahkan, rata-rata di daerah pemilihan (dapil) seperti Banjarmasin, Tanah Bumbu dan Kabupaten Banjar yang merupakan medan pertempuran cukup berat, terbukti PKB bisa merebut lima kursi di Pemilu 2019 lalu,” kata Dirham Zain.

BACA : Gelar Muscab Perdana, PKB Target 7 Kursi DPRD HSS di Pemilu 2024

Sebagai peneliti politik, Dirham mengatakan berdasar hasil survei pun, PKB mampu melewati ambang batas (parliamentary thersold) Pemilu 2019, dan menjadi partai tiga besar secara nasional.

“Apalagi, Kalsel merupakan salah satu lumbung suara PKB. Makanya, untuk Tanah Bumbu pada Pemilu 2024 mendatang ditarget 11 kursi. Ini wajar, karena Pak Zairullah merupakan Bupati Tanah Bumbu. Jadi, itu target yang logis,” ucapnya.

Sedangkan di daerah yang minim kursi seperti Balangan dan lainnya, Dirham juga akan dikembangkan dengan strategi partai. Diakuinya, saat ini dalam melaksanakan amanat Muktamar PKB di Bali, sudah digelar musyawarah cabang (muscab) untuk melengkapi kepengurusan serta konsolidasi mesin partai.

“Walau Pemilu 2024 masih lama, namun persiapan dan strategi partai harus dirancang dan dimatangkan. Inilah mengapa di kepemimpinan Pak Zairullah ditawarkan beberapa program unggulan yang menjadi ciri khas perjuangan PKB yang dekat dengan masyarakat tak mampu,” ucap Staf Khusus Bupati Tanah Bumbu ini.

BACA JUGA : Nakhodai PKB Kalsel, Zairullah Instruksikan Pengurus Cabang Dirikan Rumah Tahfiz Al-Qur’an

Menurut dia, beberapa dapil potensial seperti Kabupaten Tabalong, Hulu Sungai Selatan (HSS), Kotabaru, Tapin, Hulu Sungai Utara (HSU) akan terus digenjot untuk bisa merebut suara rakyat berimplikasi dengan raihan kursi parlemen.

“Sedangkan, untuk dapil minim seperti Barito Kuala (Batola), Hulu Sungai Tengah (HST), Kabupaten Balangan menjadi atensi khusus bagi partai. Kita harus bisa mengukur mengapa partai ini belum bisa merebut kursi parlemen di Pemilu 2019 lalu. Inilah yang menjadi tugas kepengurusan baik DPW PKB Kalsel maupun DPC-DPC PKB yang ada di Kalsel,” papar Dirham.(jejakrekam)

Penulis Rahm Arza/Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.