Dinas Kesehatan Barito Utara Rapat Evaluasi Program Kesehatan Kerja Olahraga

0

DINAS Kesehatan Barito Utara, melaksanakan kegiatan rapat evaluasi program kesehatan kerja olahraga di puskesmas semester I, tahun 2021, di aula Setda lantai I, Rabu (29/9/2021). Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan H Siswandoyo, Sekdis Kesehatan, Kepala Bidang lingkup Dinkes dan peserta kegiatan.

DALAM sambutannya, Kadis Kesehatan Siswandoyo mengatakan berdasarkan UU RI no 36 tahun 2009 tentang kesehatan Bab XII terkait kesehatan kerja pasal 164, sasaran program kesehatan yaitu seluruh pekerja baik di sektor formal maupun informal. Secara umum, pekerja sektor informal lebih banyak dari pekerja formal, di mana pekreja sektor informal meliputi pekerja usaha mandiri, skala kecil dan mikro.

Selain itu katanya pada pasal 80 disebutkan bahwa upaya kesehatan olahraga ditujukan untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran masyarakat melalui aktivitas fisik, latihan fisik dan olahraga.

“Pekerja merupakan sasarana dalam intervensi kesehatan yang strategis karena berada dalam satu tempat, dalam jumlah yang banyak, serta teroganisir dengan baik,” kata Siswandoyo saat membuka kegiatan.

BACA: Evaluasi Monitoring Program Puskesmas se Barito Utara

Dikatakannya, upaya kesehatan kerja yang sudah diimplementasikan antara lain pemberdayaan kesehatan pada pekerja sektor informal melalui Pos Upaya Kesehatan Kerja, Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif dengan sasaran pekerja perempuan di perusahaan formal. Selain itu kesehatan dan keselamatan kerja di falsiltas pelayanan kesehatan dan perkantoran serta pelayanan kesehatan kerja di era JKN.

“Upaya kesehatan olahraga adalah sa;ah satu upaya kesehatan yang memanfaatkan aktifitas fisik, latihan fisik dan atau olahraga sesuai dengan kaidah kesehatan yang baik, benar, teratur dan terukur untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran jasmani,” ucapnya.

Lebih lanjut Siswandoyo, sasaran program kesehatan olahraga ada disemua tingkatan mulai dari ibu hamil, anak sekolah, pekerja ASN, jamaah haji dan lansia sehingga perlu diupayakan semua tingkatan usia terdata tingkat kebugarannya melalui data di puskesmas, kabupaten dan provinsi.

BACA JUGA: Belasan Bidan di Barut Ikuti Orientasi Layanan Antenatal dan Post Natal Care

Selain itu, jelasnya upaya kesehatan olahraga ditujukan untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani masyarakat, yang merupakan upaya dasar dalam meningkatkan prestasi belajar, kerja dan olahraga melalui peningkatan aktifitas fisik, latihan fisik, olahraga yang baik, benar, terukur dan teratur.

Menurut WHO tahun 1995 kesehatan kerja adalah sebagai promosi dan pemeliharaan fisik, mental dan sosial dari pekerja, mencegah ganggaun kesehatan yang disebabkan oleh kondidi kerja dan perlindungan pekerjadari resiko faktor-faktor yang mengganggu kesehatan.

Sementara Kabid Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan, Enny Franziah mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini dalam rangka meningkatkan capaian program kesehatan kerja dan olaharaga, dan mempercepat pelaksanaan kesehatan kerja dan olahraga dengan sistem informasi terpadu kesehatan dan olahraga.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari di aula Setda lantai I yang diikuti pemegang program kesehatan kerja dan pemegang program kesehatan olahraga puskesmas se Barito Utara,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.