Covid-19 Terus Menurun, Paman Birin: Terima Kasih kepada Semua Pihak

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terus bekerja.“Koloborasi dan gotong royong berbagai pihak, termasuk doa para para alim ulama, tokoh agama dan ketaatan masyarakat terhadap pentingnya protokol kesehatan (Prokes) jadi pondasi semangat upaya menurunkan angka kasus Covid-19,” ucap Paman Birin saat dikonfirmasi Selasa malam (28/9/2021).

IA PUN berharap sinergi semua pihak terus terjalin membantu percepatan penanganan covid. “Terima kasih pula kepada pemerintah pusat dalam mendukung program – program daerah meredam kasus covid,” ucap Paman Birin secara khusus.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan Muslim mengatakan kasus positif dan aktif akibat Covid-19 di banua terus mengalami penurunan. “Alhamdulillah tren kasus aktif dan postitif akibat Covid 19 terus menurun, sudah 2 minggu lebih,” katanya .

Berdasarkan data yang rilis Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan kasus aktif menurun dari tanggal 15 September sebanyak 1826 menjadi 667 kasus aktif pada tanggal 28 September 2021.  Begitu juga kasus positif yang terus mengalami penurunan dari 15 September kasus postif mencapai 95 menjadi 40 pada tanggal 28 September 2021. 

BACA: Angka Kematian Akibat Covid-19 di Kalsel Turun

Menurut Muslim penurunan kasus positif tidak terlpas dari upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam mengakselerasi vaksinasi. Akselerasi vaksinasi menggandeng beberapa pihak seperti POLRI, TNI, PKK, Swasta dan yang lainnya.

Muslim menegaskan kasus Corona di banua saat ini sudah cenderung menurun. Meski begitu, bukan berarti kewaspadaan masyarakat bisa berkurang.  Protokol kesehatan covid tetap harus dijalankan secara disiplin.

Wadir Medik dan Keperawaran RSUD Ulin Banjarmasin, Dr Yudhi Ansari mengatakan, pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit RSUD Ulin juga mengalami penurunan. “Pertanggal 28 September 2021 sebanyak 6 orang atau keterisian tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) sebesar 3 persen. Alhamdulillah, Ini jauh menurun,” katanya.

Kasus tertinggi pasien covid yang di rawat pada bulan Juli dan Agustus mencapai 248 pasien. Yudhi mengatakan, RSUD Ulin berupaya semaksimal mungkin untuk membantu penyembuhan pasien Covid-19. “Turunnya rata-rata pasien rawat inap harian seiring dengan penurunan kasus konfirmasi harian dalam beberapa pekan terakhir,” imbuhnya. (jejakrekam) 

Penulis Asyikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.