Lakukan Penelitian dan Supervisi, Tim Puslitbang Polri Temui Kapolda Kalsel

0

KEPOLISIAN Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel), kedatangan tamu dari Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri dalam rangka penelitian Optimalisasi Tingkat Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu lintas (Kamseltibcarlantas), TA 2021 dan Survei Indeks Kamtibmas Triwulan III TA.2021.

KEGIATAN tersebut berlangsung selama 4 hari dimulai sejak 27 hingga 30 September 2021, dengan diawasi langsung oleh Tim Supervisi yang dipimpin Kapuslitbang Polri Brigjen Pol Iswiyoto  Agoeng Lesmana  Doeta,  dan Bripda Rico Yaldi guna mengetahui hambatan dan kendala dalam pelaksanaan kegiatan penelitian.

Sebelum melaksanakan penelitian Tim Puslitbang Polri yang dipimpin Kombes Pol Saefuddin Mohamad, (Ketua Tim), AKBP I Nengah Sukiarta, Penata TK I Usman, Pembina Dwi Irawati, Penata Budi Prayitno, dan Penata Tegawati, rombongan menemui Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikhwanto di ruang kerjanya, Senin (27/9/2021).

Turut hadir mendampingi, Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, Karo SDM Kombes Pol Nanang Masbudi, dan Direktur Lalu Lintas Kombes Pol Maesa Soegriwo. 

BACA: Mantapkan Program Kapolri, Polda Kalsel Gelar Asistensi dan Penguatan Public Speaking di Era Post…

Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikhwanto menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada rombongan Tim Puslitbang Polri. “Dengan adanya kegiatan Penelitian dan Supervisi dari Tim Puslitbang Polri terhadap Jajaran Polda Kalsel, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat merasa puas atas pelayanan dan kinerja dari Polri khususnya Polda Kalsel,” ucapnya. 

Sementara itu, Brigjen Pol Iswiyoto  Agoeg Lesmana  Doeta mengatakan, tujuan dari penelitian ini yakni meminimalisir fatalitas kecelakaan di jalan raya dengan mengetahui pengaruh pengetahuan, sikap (keterampilan) dan persepsi penguna jalan dalam mewujudkan Kamseltibcarlantas. 

Faktor-faktor dominan yang mempengaruhi kecelakaan lalu lintas, menganalisis tingkat pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang dilakukan pengguna jalan, serta mengetahui upaya Polri dalam mewujudkan Kamseltibcarlantas bagi pengguna jalan. “Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan Metode penyebaran kuesioner ke masyarakat secara online, diskusi kelompok terpusat (FocusGroup Discussion / FGD), wawancara mendalam (Indepth interview) dan dokumentasi,” paparnya. 

Selain Polda Kalsel, Tim Puslitbang Polri juga melakukan penelitian ke Polres jajaran, diantaranya Polresta Banjarmasin, Polres Banjarbaru, Polres Banjar, Polres Tapin, Polres Hulu sungai Selatan (HSS), dan Polrea Barito Kuala (Batola).(jejakrekam)

Penulis Iman Satria

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.