TP PKK Kota Banjarmasin Latih Kadernya Mengolah Eko Enzim

0

DUKUNGAN atas gerakan pembangunan yang kini dilaksanakan Pemkot Banjarmasin, terus diimbangin para pengurus TP PKK Kota Banjarmasin. Kali ini mereka melatih para kader PKK tingkat kecamatan hingga kelurahan program pelatihan pembuatan Eko Enzim.

TUJUAN dari program insiatif dari Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah, bersama para pengurus TP PKK ini, agar kota berjuluk seribu sungai ini benar-benar menjadi kota barasih dan nyaman, sesuai dengan visi dan misi PemkoT Banjarmasin.

Dalam arahan Hj Siti Wasilah, di kegiatan pertemuan rutin TP PKK se Kota Banjarmasin, di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin, untuk dapat melakukan pelatihan. “Jadi ulun berinisiatif bersama pengurus TP PKK mengisi kegiatan pertemuan rutin dengan pelatihan ini, harapan ulun nanti ibu-ibu di kecamatan, di kelurahan, bisa melaksanakannya,” ujarnya, Kamis (23/09).

Seperti yang dilakukan TP PKK Kota Banjarmasin, menggelar program pelatihan pembuatan Eko Enzim merupakan kegiatan pemanfaatan limbah dapur organik.

BACA: Cegah Stunting, Kader Pangan Posyandu di Banjarmasin Dibekali B2SA

Eko Enzim dibuat dari sisa makanan seperti gula, coklat, gula merah atau gula tebu, setelah di fermentasi, bahan makanan sisa itu bisa digunakan sebagai pupuk cair organik tanaman, campuran deterjen, pembersih lantai, pembersih sisa pestisida, pembersih kerak, dan sebagai bahan spa untuk membantu melancarkan peredaran darah.

Lebih lanjut dikatakan istri Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, program pelatihan yang dilaksanakan TP PKK Kota Banjarmasin ini dibawah koordinasi bidang 3 TP PKK Kota Banjarmasin yang memiliki program unggulan yakni “AKU HATINYA PKK” (Amalkan, Kukuhkan Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman).

Selain memberikan pemahaman tentang Eko Enzim, materi lain juga diberikan untuk para kader TP PKK Kota Banjarmasin yang hadir, diantaranya tentang masalah sosial yang ada di kota ini berikut solusinya.

Kegiatan pertemuan rutin TP PKK se Kota Banjarmasin tersebut, selain menghadirkan narasumber dari Komunitas Eko Enzim, Lili, juga dilaksanakan dengan menerapkan aturan protokol kesehatan yang ketat.(jejakrekam)

Penulis dokpim-bjm
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.