Ziarah ke Raja Banjar, Walikota Ibnu Sina Sebut Koleksi Museum Sultan Suriansyah Mulai Lengkap

0

DIHELAT secara sederhana, puncak peringatan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-495 tahun berlangsung di dua tempat. Di Komplek makam Sultan Suriansyah di Jalan Kuin Utara, Banjarmasin Utara.

TEMPAT lainnya dalam rapat paripurna istimewa di Gedung DPRD Kota Banjarmasin, Jumat (24/9/2021). Dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes), Walikota Ibnu Sina dan Wakil Walikota Arifin Noor pun mengenakan busana kebesaran raja-raja Banjar.

Saat tiba di komplek para bangsawan dan ulama Kesultanan Banjar di Kuin Utara, Walikota Ibnu Sina bersama Wakil Walikota Arifin Noor kompak mengenakan busana baju taluk balangsa warna kuning keemasan dan laung bermotif sasirangan dan polesan arguci merah, tampak agung.

Mereka ditempati para istri serta pejabat serta pimpinan dan anggota DPRD Banjarmasin. Usai berziarah dengan menabur bunga di makam sang Raja Banjar pertama, Sultan Suriansyah serta keturunannya dan para bangsawan, Walikota Ibnu Sina bersama rombongan pun mengunjungi Museum Suriansyah.

BACA : Mulai Besok, Makam Sultan Suriansyah Dibuka Kembali untuk Peziarah

Letak museum ini tak jauh dari makam, karena satu komplek. Walikota Ibnu Sina mengakui beberapa bulan lalu, kondisi Meseum Sultan Suriansyah sangat memprihatinkan. “Alhamdulillah, sekarang kondisinya sudah bagus, tertata rapi dan koleksinya pun semakin lengkap,” kata Ibnu Sina.

Tabur bunga di makam Sultan Suriansyah dan lainnya dilakukan Walikota Ibnu Sina dan rombongan.

Mantan anggota DPRD Kalsel ini meneagskan museum sangat penting bagi sebuah kota. Tak hanya sebagai simbol peradaban, namun juga wahana dan bukti semangat menghargai perjuangan para pendiri daerah, terutama menjaga seluruh peninggalannya.

“Begitulah cara kita untuk memuliakan Sultan Suriansyah dan seluruh pendiri Kota Banjarmasin, dan peninggalan-peninggalan juga harus kita lestarikan terutama koleksi-koleksi yang ada di pihak zuriat atau pihak keluarga,” papar Ibnu Sina.

BACA JUGA : Konflik Kepengurusan Makam Sultan Suriansyah Kini Terbelah jadi Tiga Kubu

Dia berharap, selain pemerintah kota, seluruh lapisan masyarakat Banjarmasin ikut berkontribusi menjaga,  memelihara dn memuliakan seluruh peninggalan Sultan Suriansyah.

“Mudah-mudahan warga di sini dan juga pihak-pihak yang sudah berkontribusi menjaga, memuliakan tempat ini bisa bersatu. Spiritnya, kita menghormati, memuliakan para pendiri kota, kesultanan Banjar itu pengaruhnya luar biasa, bukan hanya di Pulau Kalimantan bahkan sampai ke luar pulau Kalimantan,” imbuhnya.

Peringatan Walikota Ibnu Sina ini terbilang wajar, karena beberapa waktu lalu, beberapa koleksi Museum Sultan Suriansyah sempat dicuri orang yang tak bertanggungjawab. Bahkan, gara-gara tarik ulur pengelolaan makam bersejarah itu, sempat tak terurus hingga akhirnya diambil alih Pemkot Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Siti Nurdianti
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.