Haul Akbar Pertama Datu Syarifah Aisyah di Binuang

0

SEORANG aulia bernama Syarifah Aisyah binti Syekh Abdullah Patimban Baalawi al Husaini, yang makamnya di Desa Cempaka, Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin. Digelar haul akbarnya yang pertama, Rabu (22/9/2021).

SEBELUMNYA, warga masyarakat sudah mengenal dengan Syarifah Aisyah sejak lama. Namun, perhatian masyarakat masih kurang terhadap makam beliau, hingga saat kedatangan tim channel youtube Jejak Sang Datu.

Sosok Syarifah Aisyah semasa hidupnya menjadi seorang bidan sekaligus yang memiliki kemampuan keahlian pengobatan baik secara jasmani ataupun rohani. Beliau memiliki beberapa gelar yaitu saidah (ahli dalam membantu orang untuk bersalin/melahirkan) dan saniyyah sukma (ahli dalam bidang riasan, kecantikan, kesenian dan bersangkutan dengan kesehatan fisik).

BACA: Besok Haul Akbar Pertama Datu Syarifah Aisyah binti Syekh Abdullah Binuang

Menurut beberapa masyarakat, dari keterangan orang-orang tua di masa dulu, bahwasanya beliau bukan penduduk asli Desa Cempaka. Melainkan berasal dari Desa Cintapuri, Kecamatan Pengaron. Diperkirakan usia makam beliau sekarang kurang lebih sudah 250 tahun.

Ibunda beliau bernama Umi Halimah, dan diperkirakan runutan silsilah nasabnya sampai ke Datu Syekh Abdushomad Assholabiyah Al Banjari.

Haul akbar hadiri ratusan orang para jama’ah, yang berdatangan tidak hanya dari sekitar Tapin, tapi juga dari luar daerah. Diantaranya Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah bahkan juga dari Banjarmasin.

Terlihat, dari wajah pejiarah yang hadir, penuh hikmat mendengarkan pembacaan manaqib sang datu Syarifah Aisyah. Dan khususk saat pembacaan tahlil dan surah Yasin.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.