Bersih-Bersih Desa Durian Rabung, Duta Papelingasih Kalsel Ikut Turun Tangan

0

PERINGATAN World Cleanup Day (WCD) atau hari bersih-bersih sedunia didukung Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS), ditandai dengan kegiatan aksi pungut dan pilah sampah serta penanaman pohon.

BERLOKASI di Desa Durian Rabung, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten HSS, Duta Papelingasih Kalsel Rachmatul Karimah pun bersama pengurus dan generasi muda menggelar aksi.

Kegiatan itu berupa penanaman pohon, pilah sampah serta aksi bersih di Desa Durian Rabung. Rachmatul Karimah mengatakan dengan kegiatan itu, individu dan masyarakat bisa turut serta dalam menggelorakan kepedulian dan perubahan prilaku akan pentingnya hidup bersih dan sehat.

“Hasil pemilahan sampah dari rumah ke rumah selanjutnya nanti akan disetorkan kepada pihak Bank Sampah Induk (BSI) HSS. Apalagi kegiatan ini didukung pemerintah daerah,” ucap gadis yang akrab dipanggil Rachmah ini.

BACA : Jadi Duta Papelingasih Kalsel, Rachmatul Karimah Perkenalkan Jentingan Purun

Ia mencontohkan bibit pohon diberikan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) HSS. Bahkan, kepala desa, ketua RT hingga pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Desa Durian Rabung turut bergabung aksi bersih-bersih desa, Selasa (21/9/2021).

Ketua Papelingasih Kabupaten HSS Muhammad Iqbal mengatakan aksi pungut sampah di sepanjang jalan desa, bisa membangkitkan semangat untuk peduli kebersihan dan menjaga lingkungan.

“Ada 10 bibit pohon yang ditanam selain aksi bersih-bersih sampah. Termasuk, penghargaan yang diberikan kepada perwakilan masyarakat yang ikut dalam kegiatan ini,” kata Iqbal.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Faisal Iloenx

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.