Usung Balingai, Walikota Ibnu Sina Sebut Normalisasi Sungai Veteran dan A Yani Dilanjutkan

0

PROGRAM normalisasi yang sempat terhenti, dipastikan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina akan berlanjut secara rencana. Lewat program bernama Balingai atau Balalingai dengan melibatkan komunitas dan masyarakat peduli sungai.

“MULAI tanggal 25 September 2021, kita akan mulai program Balingai atau Balalingai yang berarti Banjarmasin Peduli Sungai. Sasarannya pertama adalah kanal (Sungai) Veteran yang melibatkan masyarakat dan komunitas peduli sungai,” ucap Walikota Ibnu Sina didampingi Wakil Walikota Arifin Noor dan Plh Sekdakot, Sugito Said dalam jumpa pers di Rumah Alam Sungai Andai, Banjarmasin, Selasa (21/9/2021).

Mantan anggota DPRD Kalsel ini juga memastikan pada Oktober 2021 nanti, beberapa aliran sungai akan dikeruk seperti sepanjang Sungai Veteran dan Sungai A Yani di Jalan Achmad Yani Banjarmasin.

“Jelang akhir tahun, juga diprogramkan perbaikan jembatan penghubung atau jembatan bangunan gedung (JBG). Ada lima paket pekerjaan. Kalau tak salah, ada di sepanjang Jalan A Yani dan Jalan Veteran,” beber Ibnu Sina.

BACA : DPRD Desak Pemkot Libatkan Batola-Banjar Dukung Program Normalisasi Sungai di Banjarmasin

Ia menepis mengapa program normalisasi yang sempat gencar hingga membentuk tim satuan tugas (satgas) usai dilanda banjir pada Januari 2021 tak dilanjutkan.

“Ini bukan faktor kesengajaan. Tapi, terkendala proses lelang dan alokasi anggaran APBDP yang baru saja disahkan beberapa waktu lalu,” jawab Ibnu Sina.

Dengan program normalisasi sungai, Ibnu Sina berharap semuga kegiatan baik pemenang lelang proyek hingga kegiatan dengan penunjukan langsung, bisa mengembalikan kondisi sungai seperti semula.

“Semoga nanti, sungai-sungai kecil yang ada di Banjarmasin juga akan dilaksanakan normalisasi,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Siti Nurdianti
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.