Aksi Bersihkan Sungai di Kalsel Menandai World Cleanup Day 2021

0

AKSI GOTONG royong bersih-bersih sungai di beberapa titik Kabupaten/Kota se-Kalsel, bagian Peringatan Hari Bersih- bersih se-dunia atau World Cleanup Day (WCD), Sabtu (18/9/2021).

KEGIATAN diawali dengan di Kick Off Program “Sungai Martapura Bungas”, dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin bersama Forkopimda. Mengingat program tersebut sejalan dengan latar belakang WCD untuk menjadikan dunia tempat hidup yang aman dan nyaman.

Gubernur Sahbirin Noor mengucapkan penghargaan tinggi kepada elemen masyarakat yang berpartisipasi aktif meningkatkan kualitas lingkungan. “Termasuk mereka yang menjaga Bumi agar bersih dari segala bentuk yang mengotori lingkungan sungai,” ujarnya.

BACA: Pengembangan Wisata Sungai Martapura Didukung Mentri Sandiaga S Uno

Paman Birin sapaan akrabnya mengatakan, peran masyarakat berpartisipasi bersama pemerintah sangat membantu upaya menjaga lingkungan, khususnya perairan sungai. “Kegiatan yang digelar Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel bersama Kabupaten/Kota dan pihak terkait selaras dengan makna peringatan Hari Bersih-bersih se-Dunia,” tuturnya.

Sebab, sambungnya, peringatan  WCD adalah aksi sosial global tahunan yang mengajak masyarakat di dunia untuk turut menjaga kebersihan bumi yang bertujuan untuk mengurangi limbah padat dan sampah laut. Aksi ini merupakan acara global terbesar di bawah organisasi independen Let’s Do It World.

“Pada WDC ini, manusia di seluruh dunia diharapkan melakukan gerakan atau aksi bersih-bersih. Tentu sejalan dengan ajaran Islam bagi kaum muslimin yang sudah didapatkan sejak kecil,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.