Jemput Bola ke Pelosok HSS, PA Kandangan Bisa Gelar Sidang di Luar Gedung

0

TEROBOSAN dilakoni Pengadilan Agama (PA) Kandangan. Demi memberi pelayanan prima bagi masyarakat yang berada di pelosok, jauh dari jangkauan layanan publik pun digeber pihak pengadilan ini.

JARAK antara Kota Kandangan, ibukota Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dengan daerah pelosok seperti Loksado, disiasati dengan program Jelajah ke Pegunungan Meratus (Raja Ketus) dan Perubahan status kependudukan setelah perceraian (Batu Kesepian) kerja bareng PA Kandangan dengan  Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) serta pemerintah desa.

Dua program andalan itu ternyata dirasakan dampaknya bagi warga pelosok HSS. Utamanya untuk menyelesaikan urusan hukum dalam rumah tangga yang bisa dilakukan secara online. Hingga, hakim PA Kandangan bisa membuka sidang di luar gedung, khususnya bagi warga yang bermukim di lereng Pegunungan Meratus.

Ketua PA Kandangan Hikmah mengakui keterbatasan akses internet atau jaringan telekomunikasi, maka layanan hukum keluarga menjadi kendala bagi warga yang bermukim di pelosok daerah.

BACA : Amuk Meratus Micky Hidayat, Agus Suseno Suarakan Nelangsanya Loksado

Desa Malinau, Kecamatan Loksado pun menjadi daerah percontohan diterapkan program andalan PA Kandangan. Pada Kamis (16/9/2021), PA Kandangan bisa menggelar sidang di luar gedung.

“Dengan adanya program ini, masyarakat yang tergolong tak mampu bisa mendapat pelayanan langsung tanpa ada yang biaya harus dikeluarkan,” ucap Hikmah.

Sebab, menurut dia, bagi warga yang berurusan ke PA Kandangan tak perlu lagi datang ke ibukota yang berjarak berpuluh-puluh kilometer.

BACA JUGA : Tak Perlu Repot Beli BBM di Pengecer, SPBU Satu Harga Hadir untuk Loksado

Hikmah mejelaskan dengan dua program itu, bagi masyarakat bisa mendapat layanan dari pendaftaran, sidang di tempat atau sidang di luar gedung hingga proses akhir, berupa penyerahan produk hukum seperti salinan penetapan atau akta cerai.

“Untuk Desa Malinau, ada 10 warga yang mendapat pelayanan dari PA Kandangan. Meski ada beberapa layanan berbayar, tapi biaya dikeluarkan jauh lebih murah ketimbang harus datang ke Kandangan,” imbuh Hikmah.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Faisal Iloenx

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.