AKABRI 1996 Bharatasena Gelar Pelatihan UMKM Berbasis Digital

0

AKABRI 1996 Bharatasena yang sudah mengabdi selama 25 tahun, membuat terobosan dengan menggelar pelatihan pengembangan dan pemasaran digital, di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Polda Kalsel, Jalan S Parman, Kota Banjarmasin, Kamis (16/9/2021).

MENGHADIRKAN dua narasumber dari perusahaan e-commerce dan layanan digital terkemuka Tokopedia dan Gojek, para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mengikuti pelatihan pengembangan dan pemasaran digital yang digelar oleh Polda Kalsel. 

Dihadiri Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikhwanto dan Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono serta para Pejabat Utama Polda Kalsel, pelaku UMKM baik yang hadir secara langsung maupun secara daring, nampak antusias mendapatkan tambahan pengetahuan dan strategi baru dalam mengembangkan serta memasarkan produknya secara digital. 

Kegiatan yang di inisiasi 5 Alumni Akabri Angkatan Tahun 1996 yang saat ini bertugas di Polda Kalsel, yakni Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kalsel, Kombes Pol Hendri Budiman. Direktur Reserse Narkoba, Kombes Pol Tri Wahyudi, Kabid Keuangan, Kombes Pol Hermawan, Kabag Wassidik Ditresnarkoba, Akbp Sigit Kumoro, Kasubdit IV Ditreskrimum, Akbp Afebrianto Widhi Nugroho di apresiasi Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto. 

Ketua pelaksana kegiatan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kalsel, Kombes Pol Hendri Budiman mengatakan, pelatihan bagi UMKM sengaja dipilih sebagai upaya membantu pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19. “Caranya dengan mengakselerasi transformasi digital UMKM, hari ini mereka difasilitasi dan kita hadirkan dua narasumber dari Gojek dan Tokopedia, pada hari kedua nanti ada dari Shopee dan ke depan rencananya dari Bukalapak juga dihadirkan,” ucapnya. 

BACA: Sasar Pasar Ekspor, Disperindag Gencarkan Pelatihan UMKM

Setiap e-commerce juga memiliki strategi masing-masing dalam persaingannya merebut loyalitas konsumen, lanjutnya. Terlebih dalam dunia perdagangan berbasis daring di Indonesia. “Para pelaku UMKM juga harus cermat dan mengerti strategi-strategi itu sehingga dapat menyesuaikan platform e-commerce mana yang paling cocok agar dapat efektif memasarkan produk,” paparnya. 

Sementara itu Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikhwanto mengatakan, Polri termasuk Polda Kalsel juga secara langsung terlibat dalam upaya pemulihan ekonomi nasional yang digaungkan pemerintah, dan juga menjadi kebijakan Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. “Ini creative breakthrough bagi usaha kecil menengah, pelatihan ini adalah pemicu yang perlu dicontoh,” jelasnya. 

Selain pelatihan dengan sasaran para pelaku UMKM, juga dilaksanakan vaksinasi Covid-19 dan bhakti sosial sebagai rangkaian peringatan 25 Tahun pengabdian Alumni Akabri Angkatan Tahun 1996. (jejakrekam)

Penulis Iman Satria

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.