Paman Birin Perintahkan BPBD Bantu Korban Banjir Katingan

0

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel mengirimkan bantuan untuk musibah banjir besar yang terjadi di Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah. Atas instruksi langsung Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor (Paman Birin), Tim BPBD Kalsel berangkat dari Banjarbaru Selasa 7 September 2021 pukul 01.20 Wita dinihari. 

ROMBONGAN berhasil tiba di Katingan Kalteng pukul 19.30 Wita, disambut Kalak BPBD Katingan Roby dan stafnya. “Kami berangkat atas perintah Gubernur Kalsel melalui Kalaksa BPBD Kalsel,” ucap Kepala BPBD Kalsel melalui Saefudin Dinarja Kasubid Kedaruratan BPBD Kalsel, Kamis (9/9/2021).

Ia menyebutkan, tim berangkat terdiri 11 orang relawan dan 1 komandan. Total jumlah 12 Orang dipimpin Kasubbid Kedaruratan BPBD Provinsi Kalsel Saefudin Dinarja. “Setelah rehat sejenak di Gedung LPTQ Kabupaten Katingan. Kami mengevakuasi warga di Jalan Pahlawan sebanyak 8 jiwa terdiri dari 3 anak / 1 balita dan dewasa 5 Orang. Mulai pukul 21.00 Sampai pukul 24.00,” kata Dinarja.

BACA: Gunakan Helikopter, BPBD Kalsel Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Tabalong

Tim BPBD Kalsel kemudian paginya melanjutkan evakuasi di Jalan Bukit Raya Kelurahan Kasongan Lama Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan Kalteng. “Sekaligus di Katingan Hilir kita menyalurkan logistik makan siang. Sebanyak 500 paket nasi bungkus.Untuk jumlah warga terdampak di sana tersebut lebih dari 300 KK,” kata Dinarja.

Pantauan BPBD Kalsel, kedalaman air bervariatif. Mulai 50 cm sampai dengan 2 meter dengan arus yang cukup deras. Untuk diketahui dalam Tim BPBD Kalsel juga ada 3 orang relawan wanita yaitu Sely, Aisyah dan Yasmin. “Ketiga relawan wanita kita perbantukan di dapur umum yang dibangun Dinsos Kabupaten Katingan,” terang  Dinarja. 

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat ditemui di sela kegiatan formal, mengungkapkan apresiasi atas kecepatan BPBD dalam merespon instruksinya. “Saya selalu mengingatkan SKPD untuk selalu peka dan bergerak cepat jika terjadi bencana, termasuk membantu daerah tetangga jika ada musibah,” ucapnya.

Gubernur juga meminta, musibah banjir yang terjadi di Kalteng  harus disikapi dengan gotong royong dan kekompakan persaudaraan. “Saya juga sangat berterima kasih ika ada komponen masyarakat lain atau pemerintah daerah kabupaten/kota turut membantu,” ujarnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.