Paman Birin Pimpin Rakor Percepatan Penanganan Covid-19

0

GUBERNUR Kalimantan Selata Sahbirin Noor memimpin langsung Video  Conference (Vicon) Rapat Koordinasi (Rakor) Vaksinasi, Analisis dan Evaluasi Pencapaian Vaksinasi, dan Penanganan Covid-19, Rabu (8/9/2021), di Polda Kalsel.

VICON diikuti kepala daerah di 13 kabupaten/kota turut dihadiri Ketua DPRD Kalsel, Kepala Kejaksanaan Tinggi Kalsel, Komandan Korem 101 Antasari, dan Kapolda Kalsel.

Gubernur dalam arahannya mengatakan, pandemi Covid-19 sudah dialami masyarakat lebih satu tahun dan belum ada temuan obat untuk menyembuhkan secara total.  Kondisi ini membuat manusia di seluruh dunia menjadi susah dan terbatas dalam melakukan aktivitas seperti biasa, termasuk di Indonesia.

Dalam periode kepemimpinan yang kedua di Kalsel ini, Sahbirin Noor menyebut sudah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Forkopimda dan pihak terkait untuk membahas percepatan penanganan covid-19 di Kalsel. Termasuk menurunkan PPKM level 4 yang masih ada di tiga daerah yakni Kota Banjarmasin, Banjarbaru dan Kabupaten Kotabaru.

“Dalam situasi seperti ini tidak bisa bekerja sendiri-sendiri, harus berkolaborasi karena ini menyangkut nyawa manusia dan jadi tanggung jawab besar bagi semuanya,” tegas Paman Birin panggilan akrabnya.

BACA: Adakan Rakor, Paman Birin Minta SKPD Bersinergi Wujudkan Kalsel Maju

Sinergitas atau gotong royong lanjut Paman Birin, jadi hal yang mutlak dilakukan untuk keluar dari masalah ini. Ia menyakini, para kepala daerah dan Forkopimda di 13 kabupaten/kota, merupakan orang-orang cerdas yang mampu berkomunikasi mencari solusi terbaik.

Selanjutnya, Gubernur juga menyinggung soal vaksin yang perlu terus didorong angka pencapaiannya, sebagai salah satu upaya mencegah tertularnya covid-19. “Jangan sampai ada yang disimpan atau tersimpan,” ujarnya sembari minta Kapolda menelaah jika terjadi kasus seperti ini.

Sementara, Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto  kepada jajarannya berpesan, setelah rakor ini, supaya melakukan langkah antisipasif  dari berbagai sisi yang intinya bagaimana mencegah penyebaran masif corona, dan kedua, langkah-langkah percepatan vaksinasi kepada masyarakat. “Tolong rembukan dan mencari kesepakatan dan langkah aksi untuk melakukan dua hal tersebut,” tambahnya.

Kalau ini dilakukan, ujarnya, pemerintah pusat diharapkan bisa menilai bahwa Kalsel sungguh-sungguh melakukan upaya penurunan kasus Covid-19 dan bisa ke zona hijau. (jejakrekam) 

Penulis Asyikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.