Dalam Kenangan Deklamator H Haderani Thalib

0

Oleh : Humaidy ‘Ibnu Sami’

H HADERANI Thalib nerupajan sahabatku seangkatan sewaktu menempuh pendidikan Guru Agama di PGAN 6 Tahun, Mulawarman, Banjarmasin. Ia selagi muda terkenal ganteng, apalagi ditambah kemampuannya yang dahsyat dalam membaca puisi.

DIA merupakan deklamator yang hebat dan sangat eksoresif dan atraktif. Waktu itu kukira, ia banyak disukai gadis-gadis cantik termasuk isterinya yang selama sangat setia mendampinginya sampai akhir hayatnya. Ia meninggal dunia ketika sedang berada di Batulicin pada hari Rabu tanggal 8 September 2021/1 Safar 1443.

Aku ingat dahulu, sekitar tahun 1977-1980, bersamanya dan sahabat yang lain seperti Adiannoor Hidayatullah (alm), M. Thaha, Syamsuddin, Turmuji, Erham Fuady, Saberi dan M. Ilmu adalah penyuka sastra.

Bisa dikatakan saat itu, Bachtar Suryani (alm) jadi mentor kami guru yang mengajari kami bagaimana mencipta puisi, mengarang cerpen, membuat novel, menggubah syair, mengolah pantun sekaligus cara membacakannya sambil mencontohkan karya tersebut dan mengenalkan tokoh-tokoh sastra dari pujangga lama sampai pujangga baru.

BACA : Sang Politisi Sastrawan yang juga Bapak Pengayom Seni Banua; Hijaz Yamani

Hanya saja di antara sahabat-sahabat yang Musebutkan di atas, aku yang paling tidak bisa berdeklamasi. Adapun yang lain sangat pandai berdeklamasi terutama dia (Haderani Thalib), Saberi, Erham Fuady dan Turmuji.

Aku lebih menonjol dalam mencipta puisi. Pada tahun itu banyak karya puisiku memenuhi Majalah Dinding di PGAN dan rubrik “Dahaga” Surat Kabar Harian, Banjarmasin. Lebih dari itu, ketika ada perlombaan cipta puisi di Unlam dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, karya puisiku. berjudul “Digenggamanmu Pemuda Ada Semangat Juang”, memperoleh juara kedua.

Namun sekali lagi, aku sampai sekarang tidak bisa deklamasi seperti Deklamator si dia yang telah mewariskan kemampuannya kepada sang anak Salahuddin. Selamat jalan sahabat, taman surga menanti kedatangan anda untuk membacakan puisi. Allah Yarham.(jejakrekam)

Penulis adalah Peneliti Senior LK3 Banjarmasin

Staf Pengajar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.