PT HMI Bantu Korban Banjir Sekitar Sungai Lahei

0

BANJIR yang merendam puluhan perkampungan warga di pesisir Sungai Barito akibat luapan air, sehingga berdampak pada ribuan rumah warga terendam air. Seperti di Kecamatan Lahei Barat, Lahei, Teweh Baru, Teweh Tengah, Teweh Selatan dan Montallat.

DARI beberapa kecamatan tersebut yang paling berdampak adalah di sejulmah daratan rendah termasuk kota Muara Teweh. Beberapa jalan protokol tak luput dari rendaman banjir, bahkan pasar pendopo dan sejumlah pusat ekonomi, yang berada di jalan Panglima Batur juga terendam.

Selain itu, Sungai Lahei juga meluap, beberapa desa dilaporkan juga direndam air. Kali ini PT Huring Mulusan Indonesia membagikan sembako kepada warga di sekitar sungai tersebut, Selasa (7/9/2021).

BACA: PT HMI Bagi Sembako untuk Korban Banjir di Desa Nihan dan Pelari

HRD PT Haring Mulusani Indonesia, Diana mengatakan, bantuan yang disalurkan bentuk kepedulian sosial di tengah masyarakat yang tertimpa banjir.

Menurut Diana, ada tiga desa yang akan mendapat bantuan pihak perusahan, diantaranya Muara Inu, Muara Pari dan Karendan.

Pihak perusahaan juga berharap agar bantuan yang disalurkan mengurangi beban warga dan diharapkan juga selalu menjaga kesehatan dengan kondisi banjir yang parah pada sekarang ini.

Camat Lahei Rusihan, warga desa yang berada di Sungai Lahei, seperti Hurung Enep, Juju Baru, Muara Inu, Bengahon, Rahaden, dan Haragandang semua terkena banjir.

Menurut Rusihan, pihak kecamatan Lahei Barat sangat menyambut baik bantuan yang diserahkan langsung oleh PT HMI kepada masyarakat yang terdampak banjir. Dengan adanya bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat.

Dikatakan, bantuan yang diserahkan dengan didampingi pihak kecamatan, Danramil dan Kapolsek. Ada tiga desa yang diserahkan, diantaranya Muara Inu, Muara Pari dan Desa Karendan.

Kapolsek Lahei Iptu Anis yang juga ikut mengawal pendistribusian bantuan mengatakan, ada beberapa titik bantuan yang telah disalurkan. Bantuan juga diharapkan dapat diterima oleh yang berhak.

Menurut mantan Kasat Sabhara Polres Katingan ini, pendistribusian oleh pihak perusahaan melewati aparat desa setempat, karena kondisi banjir yang parah, khususnya di dalam Sungai Lahei.

“Kita meninta agar sembako yang disalurkan yang menerima adalah warga yang terdampak banjir,” kata Anis.

Kepala Desa Muara Pari, Mukti Ali sangat berterimakasih kepada pihak managemen perusahaan yang telah menyerahkan bantuan sembako kepada warga sekitar.

BACA JUGA: Kawasan di Aliran Sungai Lahei Terendam Banjir

Menurut Mukti Ali, saat ini ada 200 kepala keluarga di Desa Muara Pari, dimana hampir 70 persennya tertimpa banjir. Dengan adanya bantuan oleh perusahaan, maka diharapkan diikuti oleh perusahaan lainnya, apalagi di wilayah tersebut ada beberapa perusahaan yang berinvestasi.

Pantauan di lapangan, seluruh desa dalam sungai tersebut dilanda banjir. Ketinggian air hingga mencapai satu meter lebih dari jalan desa, seperti di Desa Karendan dan lainnya.

Banjir juga menenggelamkan beberapa fasilitas umum, seperti rumah ibadah dan sekolah. Selain itu warga juga banyak menaruh sepeda motor di atas lanting terapung, karena kondisi jalan sudah tidak terlihat lagi karena tingginya air.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.