Lebih Hemat, Belasan Ribu PJU di Banjarmasin Ditarget Gunakan Lampu LED

0

PEMERINTAH Kota Banjarmasin tengah melakukan penjajakan program pemasangan LED sebagai alternatif penerangan jalan umum (PJU) yang selama ini menggunakan lampu kuning. Diperkirakan, ada 16.415 ribu titik PJU di kawasan Ahmad Yani dan Lambung Mangkurat yang bakal menjadi bagian percontohan proyek ini.

PENJAJAKAN proyek digelar pada Selasa (7/9/2021) di Aula Kayuh Baimbai Balai Kota Banjarmasin. Walikota Ibnu Sina memimpin pertemuan tersebut dan diikuti oleh Plt Kepala Dishub Kota Banjarmasin, Fendie dan Direktur Konservasi Energi, Muhammad Haris Mafaaza, Tim Adlight Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral serta SKPD terkait dilingkungan Pemko Banjarmasin.

Menurut Ibnu, PJU merupakan salah satu sarana penunjang pembangunan jalan yang sangat bermanfaat bagi pengguna jalan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman.

“PJU itu adalah sarana penunjang perkotaan yang menjadi vital, karena kalau kota itu gelap biasanya hampir tidak ada pergerakan ekonomi,” paparnya.

BACA JUGA: Kafe dan Restoran Dirazia, Masuk Tengah Malam, Lampu Jalan Protokol di Banjarmasin Dimatikan

Ia menambahkan, pemasangan PJU dengan LED juga bertujuan untuk hemat energi dan lebih efisien.

Adapun Ibnu berharap, berkenaan dengan rencana penjajakan proyek percontohan yang akan dilaksanakan oleh Adlight Kementerian PUPR bisa bermanfaat untuk Kota Banjarmasin.

“Semoga ini memberikan manfaat bagi kota Banjarmasin dan berdampak positif bagi masyarakat terutama dalam hal keselamatan pengguna jalan dan tentu juga energi yang ramah lingkungan seiring dengan posisi Banjarmasin yang ;aiman yaitu barasih wan nyaman dan lebih bermartabat,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.