Batola Gelar Muharram Festival, Suguhkan Penampilan Musik Gambus dan Sinoman Hadrah

0

USAI lama vakum lantaran kasus Covid-19 yang mengalami peningkatan, pagelaran kesenian di Kabupaten Barito Kuala kembali menggeliat.

HAL ini ditandai dengan digelarnya Muharram Festival 1443 Hijriah hasil inisiasi Dinas Kepemudaan, Olah Raga, Budaya, dan Pariwisata (Disporbudpar) Batola.

Bertempat di Gedung Serba Guna Marabahan, ajang kesenian ini dihelat dari 6-8 September 2021.

Kendati dengan pengunjung terbatas, pembukaan Muharram Festival 1443 H kali ini menyuguhkan sejumlah penampilan. Di antaranya eksebisi Grup Emirat Gambus Arabian Alalak dan sinoman hadrah dari Grup Al-Fata dari Sungai Batang Ilir, Martapura, Kabupaten Banjar serta lainnya.

Plt Kadisporbudpar Batola, Wahyudie mengatakan, Muharram Festival kali ini memperlombakan sinoman hadrah, maulid habsyi, serta fesyen muslimah yang berasal dari kecamatan-kecamatan yang ada di Batola.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian memperingati tahun baru Islam 1443 Hijriyah berupa pembinaan kreativitas group-group seni yang bernuansa islami,” paparnya saat pembukaan festival, pada Senin (6/9/2021).

Ia menambahkan, tujuan festival selain untuk mengetahui perkembangan kesenian islami baik tradisi maupun yang bersifat modern juga untuk meningkatkan kualitas, pengetahuan, wawasan, dan apresiasi budaya antar pelaku seni, pemerhati, maupun masyarakat.

Bupati Batola, Noormiliyani AS, mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan. Ia mengatakan, Pemkab Batola sangat mendorong segala kegiatan positif bernuansa keagamaan demi mendukung tumbuh kembangnya generasi-genarasi yang mencintai agama dan memiliki akhlakul karimah.

Kendati, lanjutnya, akibat pandemi Covid-19 terjadi hambatan terhadap seluruh akivitas pemerintahan maupun masyarakat termasuk kegiatan keagamaan.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini mengutarakan, terdapat beberapa kegiatan bernuansa islami seperti festival habsyi, festival hadrah, rebana, lomba jukung hias, lomba da’i anak-anak, remaja, dan dewasa, lomba busana muslim bekerjasama dengan beberapa design nasional, namun karena pandemi akhirnya terpaksa ditiadakan.

“Saya berharap insya Allah tahun depan jika pandemi bisa berkurang atau turun level, syukur-syukur berakhir, kegiatan bernuasan islami semacam ini akan lebih ditingkatkan,” paparnya. (jejakrekam)

Pencarian populer:Festival habsyi dibatola agustus 2021
Penulis Ahmad Husaini
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.