Husairi Abdi

Raih Suara Terbanyak, Setia Budhi Kembali Pimpin Prodi Sosiologi FISIP ULM

0

RAPAT pemilihan Ketua Program Studi Sosiologi FISIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM) memutuskan kembali memilih figur Setia Budhi sebagai pimpinan jurusan, pada Sabtu (4/9/2021). Ini merupakan kali kedua dirinya memimpin prodi baru di FISIP ULM tersebut.

USAI terpilih, Budhi yang meraih suara terbanyak dalam forum pemilihan menyatakan siap meningkatkan kontribusi prodi sosiologi di tengah masyarakat dengan pendekatan kearifan lokal.

“Kami terus akan memberi kontribusi pada percepatan mutu sumber daya manusia di Kalimantan Selatan,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima jejakrekam.com, pada Minggu (5/9/2021).

Budhi pun mengatakan program studi yang diembannya harus bersiap menghadapi globalisasi pada tahun 2045 akan ditandai oleh beberapa faktor penentu, antara lain populasi dunia, urbanisasi, perdagangan internasional, keuangan global, kelas pendapatan menengah, persaingan sumber daya alam, perubahan iklim, kemajuan teknologi dan perubahan geoekonomi.

“Sebagai ujung tombak kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tentu saya menyampaikan banyak terima kasih kepada Dekan FISIP ULM dan terutama Rektor ULM yang selama ini telah banyak membantu membangun program studi sosiologi,” kata dia.

BACA JUGA: Prodi Sosiologi FISIP ULM Siap Terapkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Adapun diketahui, prodi sosiologi FISIP ULM saat ini telah menerapkan kebijakan Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM) sebagaimana ditetapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Tujuannya, untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan dalam rangka menghadapi dunia kerja.

Penerapan program MBKM di FISIP Universitas Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa memilih kegiatan pembelajaran di luar dan di dalam program studi

“Semester ini. telah bergabung mahasiswa dari Universitas Negeri Makassar – UNM Sulawesi Selatan dan Mahasiwa Universitas Palangkaraya – UPR Kalimantan Tengah dalam pertukaran pelajar di Program Studi Sosiologi FISIP ULM”. Kami juga mengirimkan mahasiswa Sosiologi untuk pertukaran pelajar dengan Universitas di Jakarta.

“Ke depan, kami akan mulai lagi dengan bidang MBKM lain seperti program proyek kemanusiaan dengan memanfaatkan potensi sumberdaya manusia dan sumber daya alam di Kalimantan Selatan. Seperti mahasiswa penggerak pembangunan pedesaan,” tutup Budhi. (jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.