Rusak Berat, Ruas Jalan Simpang Selongan Diperkuat dengan Cor Beton

0

KESEPAKATAN antara pengampu kebijakan di Kabupaten Tabalong pada Juni 2021, mulai direalisasikan. Ini terkait dengan kerusakan infrastruktur khususnya jalan, dampak dilintasi angkutan bertonase besar

BALAI Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kalimantan Selatan langsung menggeber rehabilitasi ruas jalan nasional. Khususnya, kerusakan yang ada di Simpang Selongan, Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong.

Kondisi jalan inii terbilang rusak berat dikarenakan lalu lalangnya angkutan dengan tonase lebih.

Pejabat pembuat komitmen BPJN II Kalsel, Muhammad Shalafuddin mengatakan aspal di ruas jalan ini akan dibongkar kemudian tanah di bagian bawahnya dipadatkan dan dicor.

“Rencananya badan jalan yang dibongkar ini akan diganti dengan konstruksi cor beton sepanjang 140 meter, dari Simpang Empat Selongan menuju ke arah Kelua,” beber Shalafuddin, belum lama tadi.

Ia mengatakan dengan cara konstruksi cor beton ini kedepan ruas jalan ini akan lebih kuat dibanding kondisi jalan sebelumnya. “Perbaikan dengan konstruksi cor beton ini hanya dilakukan di ruas jalan persimpangan Selongan ini saja,” ucapnya.

BACA : Tak Kuat Dilintasi Angkutan Berat, Jalan Rusak di Kawasan HSU-Tabalong Segera Diaspal

Sedangkan, beber dia, kerusakan di ruas jalan yang lain untuk sementara hanya dilakukan rehabilitasi berkala. “Ruas jalan lain yang juga rusak untuk sementara diperbaiki secara fleksibel atau perbaikan secara berkala,” ujarnya.

Selama proses rehabilitasi, ia mengakui arus lalu lintas diruas jalan ini akan terganggu untuk sementara waktu. Karenanya, pihaknya meminta agar masyarakat dapat bersabar, khususnya masyarakat yang melewati ruas jalan ini.

Dari pantauan awak media di lapangan, disekitar ruas jalan yang dilakukan rehabilitasi ini sudah dilakukan rekayasa lalu lintas oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kemacetan dan laka lantas pada ruas jalan ini.

Untuk diketahui, berdasar kesepakatan bersama Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dengan pihak terkait, termasuk pihak pabrik semen Conch, diputuskan beberapa poin.

BACA JUGA : Tiga Hari Berturut-turut, Warga Tabalong Gelar Demo Protes Jalan Rusak

Di antaranya, mempercepat pembangunan jembatan darurat Dahai di sebelah kiri jalan dari Tabalong dibantu oleh PT Conch dengan spesifikasi yang dikonsultasikan dengan BPJN Kalimantan Selatan.

Kemudian, selama masa konstruksi pembangunan Jembatan Dahai untuk distribusi PT Conch yang melewati ruas Jalan Tanjung-Mabuun, Kelua-Batas Kota Tanjung di Desa Tabur-Kelua, dan Mabuun-Simpang Empat Haruai dilakukan pemeliharaan oleh pihak BPJN Kalsel bersama PT Conch.

Berikutnya, waktu operasional angkutan barang yang diperbolehkan dari jam 19.00-04.30 Wita, dengan MST sesuai ketentuan berlaku. Lalu, perbaikan jalan yang longsor di Sungai Turak dan lainnya. Kesepakatan ini juga melibatkan pihak Pemkab HSU dan Balangan.(jejakrekam)

Pencarian populer:kerusakan jalan tabalong
Penulis Herry Yusminda
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.