HM Hasan Meninggal Dunia, Anang Rosadi : Almarhum Konsisten Bela Kawan

0

DAN SESUNGGUHNYA akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”. (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali). (QS Al Baqarah 155-156)

HARI INI Rabu 1 September 2021/23 Muharram 1443 Hijriyah pukul 05.15 Wita telah meninggal dunia tokoh dan aktivis Haji Muhammad Hasan (67).

Alhamarhum terkenal dekat dengan jurnalis, ulama, pejabat, kalangan dhuafa dan anak yatim, serta berbagai kalangan lainnya. Almarhum disemayamkan di rumah duka Jalan Pangeran Antasari Gang Hasanuddin Pekapuran Laut Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin.

BACA : Pemuda Islam Berbagi Bubur Asyura ke Warga

‘Kepergian’ Ketua Pemuda Islam Kalsel dan mantan Ketua KNPI Kalsel itu sangat mendadak dan mengagetkan sanak keluarga, sahabat kawan dan terutama para aktivis 1980-an.

Misalnya Anang Rosadi Adenansi mengaku sangat berduka. Apalagi sesama aktivis telah lama bersama dan bergabung. “Inna lillahi wa Inna Ilaihi rajiun,” ucap Anang Rosadi Adenansi mendengar HM Hasan meninggal dunia kepada jejakrekam.com Rabu (1/9/2021).

Anang mengenang, dirinya bersama HM Hasan pernah tergabung dari awal sekitar tahun 1980-an. Lalu sekitar tahun 1987-an dirinya bersama almarhum Syahrani Amboga dan almarhum HM Hasan lebih inten bersama.

“Kala itu kami mengatur gerakan – gerakan politik. Pernah di ruang sempit yang hanya berukuran 2 x 6 meter untuk pertemuan, termasuk dengan tokoh serta aktivitas lainnya di kampus Uniska Jl S Parman. Ketika saya Ketua Gerakan Pemuda Indonesia, kemudian gerakan ini pecah, salah satunya menjadi Pemuda Islam di Ketuai HM Hasan,” paparnya.

Hal positif dari perkawanan tersebut, ungkap mantan anggota DPRD Kalsel ini, almarhum HM Hasan selalu kosisten apabila membela kawan. “Ya, buktinya saat HM Hasan membela Paman Birin. Saat Paman Birin dibully habis-habisan, tenyata HM Hasan juga habis habisan tetap berdiri membela disisi Paman Birin,” tuturnya.

Tak kalah penting pesan HM Hasan yang diingat dan menyetuh hati adalah tetap mendukung Paman Birin tetapi dalam porsi menjalankan amanah sebagai Gubernur Kalsel terpilih. “Jadi amanah yang dijanjikan Paman Birin itu hendaknya tetap dikawal dan tidak ada lagi kubu-kubuan antara 01 dan 02,” pinta HM Hasan yang dikutip Anang Rosadi Adenansi.

Di-akhir hayat beliau juga ada pesan, ucap Anang Rosadi, bahwa semua perjuangan, dan amanah untuk kebaikan rakyat itu hendaknya disampaikan dengan Paman Birin. “Alharhum sosok pembela kawan secara personal dalam kondisi apapun dan konsisten,” tutur Ketua LSM Mamfus ini.

“Selamat Jalan Sahabatku HM Hasan. Penuh cinta dan doa kami untukmu. Mohon kiranya salah dan khilaf dimaafkan. Ambil sisi baiknya dan lanjutkan perjuangan yang belum tercapai,” imbuh Anang Rosadi Adenansi yang juga anggota Tim Satgas Sungai Normalisasi Kota Banjarmasin ini. (jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2021/09/01/hm-hasan-meninggal-dunia-anang-rosadi-almarhum-konsisten-bela-kawan/,Muhammad hasan aktivis kalsel
Penulis Asyikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.