Gelar Aksi di DPRD, BEM se-Kalsel Sampaikan 9 Tuntutan ke Presiden

0

PULUHAN mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Kalsel, bersama Fraksi Rakyat Indonesia (FRI) melakukan aksi demo, di depan Kantor DPRD Kalsel Senin (30/8/2021).

AKSI yang  dimotori, Zikri Nur Abadi, menyampaikan 9 tuntutan agar pemerintah serius menyelesaikan permasalahan pandemo Covid-19  di Indonesia

Adapun tuntutan mahasiswa tersebut yang pertama adalah menuntut pemerintah mempercepat pelaksanaan vaksinasi gratis secara merata untuk masyarakat dengan selalu mengedepankan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya.

Sedangkan yang kedua, menuntut pemerintah menjamin pembiayaan kesehatan untuk masyarakat seperti tes diagnosa covid-19, pemberian suplemen kesehatan pasca vaksin, memberikan jaminan rehabilitasi secara utuh; mulai dari pemenuhan kebutuhan makan, ekonomi dan kebutuhan medis pasca vaksin bagi rakyat, khususnya kelompok rakyat rentan, seperti, buruh, nelayan, pedagang kaki lima dan lain-lain, dan jaminan biaya pengobatan pasien covid-19, termasuk pasien yang melakukan isolasi mandiri.

Tuntutan ketiga  agar pemerintah menjamin pemenuhan hak-hak dasar rakyat selama pandemi covid-19 melanda sesuai amanat UU No. 6 Tahun 2018. Yang keempat, menuntut pemerintah menerapkan kebijakan karantina wilayah sebagaimana amanat UU No 6 Tahun 2018.

Sedangkan tuntutan kelima meminta pemerintah menjamin pemberian pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang berkeadilan dan berperikemanusiaan selama pandemi covid-19.

Yang keenam,  menuntut pemerintah untuk melakukan penelitian dan pengembangan di bidang kesehatan yang progresif dalam upaya penanggulangan pandemi covid-19. Dilanjutkan tuntutan ketujuh agar pemerintah meningkatankan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kesehatan, terutama dalam menunjang upaya percepatan penanggulangan pandemi covid-19.

Sedangkan yang kedelapan adalah menuntut pemerintah untuk memperjelas dan menjamin pengelolaan limbah penanganan covid-19. Dan tuntutan terakhir agar pemerintah meningkatkan jaminan ketersediaan alat kesehatan, farmasi, dan makanan untuk penanggulangan pandemi covid-19.

Aksi unjukrasa mahasiswa petang itu dikawal ketat aparat kepolisian. Menyikapi permasalahan tersebut, Ketua DPRD Provinsi Kalsel, H Supian HK mengatakan wakil rakyat Kalsel akan menyampaikan aspirasi mashasiswa kepada Presiden RI Joko Widodo. “Kita mendukung tuntutan mereka,” ujar H Supian HK disela aksi demo, petang itu.

Menurut dia, segala tuntutan sudah dijalan oleh dirinya. Mulai dari memantau pendekatan jalan, bantuan sosial kepada masyarakat, dan memperhatikan kesehatan di Rumah Sakit.

“Apaun tuntutan para adik-adik mahasiswa  dukung. Kami mengapresiasi, dan mengevaluasi semua permasalahan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Ipik G
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.