Dinkes Balangan Akan Rehab Polindes Rusak

0

DI KABUPATEN, selain satu rumah sakit juga terdapat 12 unit Puskesmas, puluhan Puskesmas Pembantu (Pustu) serta ratusan Pondok Bersalin Desa (Polindes) atau rumah bidan sebagai fasilitas kesehatan untuk melayani masyarakat.

NAMUN demikian, ada beberapa dari Polindes tersebut yang kondisinya saat ini tidak bagus atau bahkan ada yang rusak.

Terkait kondisi tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Balangan Erwan Mega Karya Latif tidak menampik persoalan tersebut.

Menurut dia, memang ada beberapa Polindes yang kondisinya memprihatikan, mulai dari cat bangunan yang kusam hingga kondisinya yang rusak berat.

“Penyebabnya bermacam-macam, ada yang memang rusak karena sudah lama dan ada juga yang tidak terawat karena tidak difungsikan,” ujar Erwan saat dimintai komentarnya, Senin (23/8/2021)

Namun demikian, hal tersebut selalu menjadi perhatian pihaknya, mulai dari himbauan kepada para bidan desa yang menghuninya agar bisa merawat bangunan Polindes yang ditempatinya, hingga melakukan rehab bangunan yang memang sudah mengalami kerusakan berat.

“Tahun depan kita berencana melakukan rehab Polindes sebanyak empat buah. Kita ingin melakukan rehab lebih dari itu, namun karena keterbatasan anggaran maka untuk sementara kita rencanakan hanya sebanyak itu,” bebernya.

Namun terlepas dari itu, Erwan memastikan jika pelayanan di Polindes dilakukan secara maksimal, khususnya untuk penanganan ibu hamil.

Melalui Polindes dan para bidan yang bertugas inilah, lanjut Erwan, para ibu hamil pun lebih dimudahkan, terutama dalam hal penanganan kesehatan.

Peningkatan fasilitas dan layanan kesehatan ini, lebih lanjut menurut Erwan, dilakukan demi menjamin pelayanan kesehatan yang dijalankan ditingkat berjalan dengan baik.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2021/08/29/dinkes-balangan-akan-rehab-polindes-rusak/
Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.