Seluruh Fraksi Sampai Pendapat Akhir Hanya Melalui Berita Acara Tertulis

0

RAPAT Paripurna mengenai rancangan Perda Kabupaten Barito Utara, tentang perubahan ketiga atas Perda nomor I tahun 2011 tentang pajak daerah yang dilaksanakan di gedung DPRD, Senin (24/8/2021).

DALAM kesempatan sidang kali ini hadir unsur Forkopimda dan 19 orang anggota dewan yang menyampaikan pendapat akhir fraksi pendukung  mengenai Raperda hanya melalui naskah, karena masih dalam keadaan pandemi Covid-19.

Rapat dipimpin oleh wakil ketua I DPRD Permana Setiawan. Selain itu ketua DPRD Hj Mery Rukaini dan Wakil Ketua II Sastra Jaya, sementara dari pemerintah daerah diwakili oleh Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, dan Plt Sekda Inriaty Karawaheni.

BACA: Konsultasi Masalah Refocusing, DPRD Barut Sambangi Rumah Banjar

Fraksi Demokrat yang disampaikan juru bicara melalui naskah, Reza Paisal mengatakan, bahwa pajak adalah pungutan wajib dari rakyat untuk negara yang merupakan pos pendapatan untuk membiayai belanja pemerintah pusat, maupun daerah.

Sedangkan pajak perolehan merupakan jenis pajak daerah yang menjadi salah satu penerimaan daerah untuk percepatan dan pengembangan pertumbuhan ekonomi.

Menurutnya, sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku mengamanatkan bahwa besarnya nilai perolehan obyek pajak tidak kena pajak ditetapkan paling rendah sebesar Rp 60 juta untuk setiap wajib pajak.

Wakil  Bupati Sugianto Panala Putra dalam sambutan tertulis mengatakan, pemerintah daerah telah mengajukan Raperda tentang perubahan ketiga atas Perda nomor I tahun 2011 tentang pajak daerah.

BACA JUGA: Rapat Paripurna DPRD Barut, Seluruh Fraksi Beri Pandangan Umum soal RABPD 2021

Raperda tersebut kata Wabup, telah dilakukan pembahasan bersama antara eksekutif dan legislatif sesuai dengan tahapan pembicaraan, melalui paripurna ini semua fraksi pendukung dewan menyetujui dan menerima Raperda untuk ditetapkan menjadi Perda.

Pemerintah daerah kata Sugianto Panala Putra,  sangat berterimakasih kepada dewab yang telah menyetujui Raperda ini. Hal ini dengan harapan bahwa kerja sama yang baik dapat berjalan baik secara terus menerus

Sugianto Panala Putra juga menambahkan meminta pendapat , saran dan masukan yang disampaikan oleh dewan sangat bermanfaat,bagi penyempurnaan dan perbaikan Raperda.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.