Klinik Agro Sanggam Diharapkan Tingkatkan Hasil Pertanian di Balangan

0

UNTUK meningkatkan hasil pertanian khususnya padi, Dinas Pertanian Balangan terus mengoptimalkan keberadaan perbenihan dan perlindungan tanaman yang berada di beberapa kecamatan di Balangan.

SALAH satu klinik pertanian milik dinas pertanian, yakni Agro Sanggam,  terletak di Desa Bungur, Kecamatan Batumandi Ini merupakan klinik pertama diresmikan beberapa tahun lalu.

“Klinik ini berfungsi untuk membantu para petani dalam menanggulangi hama dan penyakit,” ujar kepala Dinas Pertanian Rahmadi, Kamis (12/8/2021).

Keberadaan klinik ini, kata Rahmadi, guna mendukung penerapan prinsip-prinsip Pengendalian Hama Terpadu (PHT) secara tepat dan cepat.

Untuk petugas di klinik sendiri, lanjut dia, berasal dari kelompok tani yang merupakan lulusan sekolah lapangan PHT yang telah dilakukan dinas pertanian.

“Kita PTPHPP selain memberikan bantuan alat dan barang untuk keperluan klinik, juga menugaskan petugas khusus PHT untuk membantu kerja klinik,” bebernya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, keberadaan klinik PHT ini akan ditambah, minimal ada di tiap kecamatan.

Selain klinik PHT khusus pertanian, menurut Rahmadi, pihaknya juga akan membuat klinik sejenis untuk bidang peternakan dan perkebunan.

“Untuk sementara sudah ada dua klinik PHT yakni, Batumandi dan Lampihong. Ke depan akan kita tambah tiap kecamatan dan juga untuk klinik PHT perkebunan dan perikanan,” janjinya.

Sementara itu, Ketua Klinik Agro Sanggam M Fatliansyah mengatakan, klinik ini untuk membantu para petani melakukan penangan awal hama dan penyakit.

“Kita melakukan identifikasi awal dan penerapan teknologi ramah lingkungan untuk penangan hama dan penyakit,” bebernya.

Jika penangan perlu tindakan lanjutan, kata Fatliansyah, pihaknya akan berkoordinasi dengan petugas PHT dinas pertanian. “Untuk layanan klinik sendiri ada yang gratis ada pula yang dikenakan biaya, sesuai dengan kasus penangan yang diberikan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.