Husairi Abdi

PPKM Level Empat di HST, Aulia Octafiandi Sebut Perkuat Tracing

0

SATUAN Tugas penanganan Covid-19 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) secara resmi menyepakati pemberlakuan PPKM level 4 sesuai dengan Inmendagri.

HAL ini berdasarkan hasil rapat yang digelar pada Senin (23/8/2021) di Auditorium kantor Bupati HST.

Bupati HST Aulia Oktafiandi mengakui penularan Covid-19 cenderung tinggi dengan respon yang terbatas. “Saat ini di Kabupaten HST tingkat kematiannya tinggi dari rata-rata tingkat nasional yaitu 5,5 persen. Untuk itu perlu menyiapkan apa yang perlu kita siapkan dalam menghadapi PPKM Level 4 ini,” ujar Aulia.

Dia menyebut Satgas sejak satu bulan yang lalu telah memperkuat posko PPKM, dan melakukan serangkaian sosialisasi, kegiatan dan anggaran penanganan Covid-19.

“Dari data yang ada di Kabupaten HST, Tingkat penyebaran yang lebih tinggi adalah Kecamatan Barabai. Kita manfaatkan level 4 ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, meningkatkan tracing, serta partisipasi aktif dari seluruh ASN agar menjadi teladan di masyarakat. Memberikan informasi aktif terkait Covid-19 dan pencegahannya melalui penerapan protokol kesehatan,” tuturnya.

BACA: Forkopimda Kalsel Dan HST Tinjau Kampung Tangguh Banua

Sementara itu Kapolres HST AKBP Danang Widaryanto mengimbau masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 untuk jangan malu melaporkan diri ke Satgas, selanjutnya akan melakukan isoman maupun isoter.

Sedangkan Dandim 1002/HST Letkol Inf Muh Ishak H Baharuddin menjelaskan penetapan PPKM level 4, harus segera disosialisasikan ke masyarakat ke tingkat akar rumput.

“Posko PPKM yang ada di HST ada sekitar 158 posko yang perlu didukung pelaksanaannya. Untuk TNI ada Babinsa dan Polri ada Bhabinkamtibmas yang akan selalu merapat di posko PPKM di wilayah binaan masing-masing, guna memperkuat dan langsung membantu pelaksanaan kegiatan Posko PPKM tersebut,” tambahnya.

“Harapannya HST bisa segera bangkit lagi dari resiko tinggi menjadi resiko rendah atau zona hijau,” imbuh Dandim.(jejakrekam)

Penulis Husaini
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.