Serbuan Vaksin TNI AL-Lanal Banjarmasin Menyasar ke Tempat Pelelangan Ikan Banjar Raya

0

PEMANDANGAN terlihat berbeda dari sebelumnya, serbuan vaksin kali ini digelar TNI AL-Lanal Banjarmasin di dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Banjar Raya Kecamatan Banjarmasin Barat, Sabtu (21/8/2021) yang berada di pinggir Sungai Barito.

WARGA pesisir yang bekerja sebagai nelayan, pedagang ikan dan pelabuhan di wilayah ini belum pernah mendapatkan vaksin, sehingga personel Pos TNI AL Trisakti Lanal terlebih dahulu mendata mereka untuk mengikuti vaksin.

Tenaga Kesehatan (vaksinator) berserta personel TNI AL-Lanal Banjarmasin yang dipimpin langsung Danlanal Kolonel Laut (P) Herbiyantoko MTr Hanla bahkan door to door ke kapal untuk melaksanakan vaksin kepada nelayan yang berada di kapal.

BACA: Lanal Banjarmasin Gelar Serbuan Vaksin Masyarakat Maritim di DAS Barito

Tidak sedikit dari mereka takut divaksin karena takut dengan jarum suntik. Namun setelah diberi penjelasan manfaat vaksin bagi kesehatan dan pelayanan yang humanis akhirnya mereka mau mengikuti vaksinasi.

Saat meninjau pelaksanaan vaksin Danlanal menjelaskan, Serbuan vaksin kali ini menargetkan para nelayan yang kembali pulang dari mencari ikan di laut, untuk menerima Vaksinasi dosis pertama.

“Tujuannya untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran wabah covid-19 dan untuk menciptakan kekebalan komunal pada masyarakat Maritim, utamanya para nelayan atau anak buah kapal, dengan demikian kesehatan tubuh akan meningkat dan terhindar dari serangan Virus Corona,” ucapnya kepada wartawan.

Danlanal menambahkan, kedepannya Lanal Banjarmasin akan menyasar tempat-tempat yang sekiranya belum terlaksana kegiatan Vaksinasi, sesuai dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono SE MM.

“Kami berharap wilayah pesisir di Kalsel ini dapat kita kunjungi untuk melaksanakan tugas mulia ini, yakni menyelenggarakan Serbuan Vaksinasi secara massal guna menuntaskan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” harapnya.

BACA JUGA: Lanal Banjarmasin Gelar Donor Darah Plasma Konvalesen dan Serbuan Vaksin

Ditempat yang sama Pjs Ka BP Mayor Laut (K/W) dr Meutia Indrasakti mengatakan, kegiatan Serbuan Vaksinasi ini akan terus dilakukan hingga mencapai target yang maksimal.

“Setelah disampaikan manfaat vaksin, warga pesisir khususnya para Nelayan begitu antusias untuk mendapatkan suntikan Vaksin dari TNI AL- Lanal Banjarmasin, kepada masyarakat Kalsel jangan takut ataupun ragu untuk bervaksin, Vaksinasi massal ini sebagai cara ikhtiar untuk menjaga kesehatan,” paparnya.

Sementara itu, Andy Bigsmoke salah seorang nelayan mengatakan, awalnya takut disuntik, namun setelah di datangi ke kapal dan diberi penjelasan manfaat vaksin akhirnya bersedia ikut vaksin yang pertama.

“Awalnya saya takut disuntik, setelah dijelaskan manfaat vaksin akhirnya saya dan teman-teman ikut bervaksin, ternyata disuntik tidak sakit,” ungkapnya.

Sebanyak 82 orang berhasil divaksin, sejauh ini Pangkalan TNI AL Banjarmasin sudah melaksanakan Vaksinasi massal kepada warga Pesisir Kalimantan Selatan sebanyak 9.171 orang dengan 918 Vial dosis vaksin.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.