Polda Kalsel Tanam Satu Juta Pohon untuk Cegah Banjir

0

MENJAGA keberlangsungan lingkungan agar tidak terjadi banjir dan longsor, Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan aksi penghijauan melalui Gerakan Penanaman Satu Juta Pohon sebagai bentuk upaya menjaga dan menyelamatkan hutan, tanah, dan air.

BERLANGSUNG di Lahan Gedung Mapolda Kalsel Banjarbaru, penanaman pohon dihadiri Pj Gubernur Kalsel, Ketua DPRD Kalsel, Sekda Provinsi Kalsel, Danlanal Banjarmasin, Danlanud Syamsudin Noor, Kepala BNNP Kalsel, perwakilan Perbankan Kalsel, para Pejabat Utama Polda Kalsel, Kapolres Banjarbaru, dan Kapolres Banjar.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikhwanto mengatakan, Gerakan Penanaman Pohon yang dilakukan bersama Forkopimda ini bertujuan agar wilayah Kalimantan Selatan tetap hijau, subur, air melimpah, udara segar dan sangat baik untuk generasi masa depan.

Selain itu, dengan penanaman pohon tersebut juga sekaligus membangun kesadaran masyarakat untuk lebih aktif menanam pohon dan merawatnya.

“Harapan kami, dengan aksi Penanaman Satu Juta Pohon ini bisa menggerakkan masyarakat, khususnya di Kalimantan Selatan untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan melakukan penghijauan di lingkungan masing-masing,” ucapnya.

BACA: Polda Kalsel Tanam Puluhan Ribu Mangrove

Sementara itu Pj Gubernur Kalsel Safrizal dalam kesempatannya mengatakan bahwa, Gerakan Penanaman Satu Juta Pohon Polda Kalsel ini sejalan dengan program Pemerintah di Bidang Lingkungan Hidup yang diberi nama Program Revolusi Hijau.

Penanaman kali ini merupakan kali ketiga setelah sebelumnya aksi serupa dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalsel, dan Korem 101/Antasari.

Pj Gubernur Kalsel mengutarakan bahwa aksi penanaman pohon ini akan terus berkelanjutan dalam rangka mengcover 500 ribu Hektare lahan terbuka yang harus ditutup di wilayah Kalimantan Selatan.

“Mudah-mudahan bilamana kegiatan ini dilakukan dengan konsisten hingga tingkat Kabupaten/Kota, tidak perlu menunggu 10 tahun, cukup 5 tahun bila kita bisa mengcover 80 persen dari 500 ribu Hektare lahan terbuka maka indeks lingkungan hidup Provinsi Kalsel akan naik,” ungkap Pj Gubernur Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.