HKTI Tabalong Bantu Jual Jagung Kering Petani Desa Wirang, Harga Tembus Rp 5000 per Kilogram

0

HIMPUNAN Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Tabalong telah melakukan pengiriman perdana jagung kering ke PT Japfa Comfeed Indonesia yang berada di Bati – Bati, Kabupaten Tanah Laut.

PENGIRIMAN perdana jagung kering ini merupakan hasil budidaya dari para petani di Desa Wirang, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong.

Dengan berat 2,9 Ton,  jagung kering dikirimkan menggunakan armada truk yang difasilitasi secara gratis oleh pengurus HKTI Tabalong.

Ketua HKTI Tabalong, H Norhasani mengatakan, penjualan jagung kering ke PT Japfa Comfeed Indonesia ini harga perkilonya mencapai Rp 5.000.

Harga ini menurutnya lebih tinggi jika petani menjual jagung keringnya ke pihak lain.

“Harga jual ke perusahaan selisihnya lumayan banyak kalau petani menjual ke pihak lain,” ucap H Sani panggilan akrab pengusaha Katering ini, Kamis (19/8/2021).

Saat ini ungkap H Sani, HKTI Tabalong sudah menjalin kerjasama dengan PT Japfa Comfeed Indonesia dalam hal pengiriman jagung kering.

Kerjasama ini tidak memiliki batasan waktu dan akan berlangsung secara terus menerus, selama ada jagung kering yang masih bisa dijual. “Jadi kapan pun kita mengirimkan jagung, pihak perusahaan akan terus menerima,” bebernya.

Dalam kerjasama ini sendiri tegas H Sani, HKTI Tabalong tidak memungut biaya apapun dari para petani dan tidak ada mengambil keuntungan. “Seluruh hasil penjualan jagung kering murni seluruhnya milik para petani,” tegasnya.

Ke depan bebernya, HKTI Tabalong akan terus meningkatkan jumlah pengiriman jagung kering ke PT Japfa Comfeed Indonesia.

Untuk pengiriman selanjutnya, direncanakan akan menjual jagung kering hasil budidaya petani di Desa Kinarum, Kecamatan Upau, Tabalong dengan target sebanyak 5 ton.

H Sani berharap, penjualan jagung kering ke PT Japfa Comfeed Indonesia ini dapat membantu para petani yang selama ini menjual hasil panennya dengan harga yang murah. “Mudah – mudahan ini dapat membantu mensejahterakan para petani yang ada di Kabupaten Tabalong,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.