Bupati Barito Utara Pimpin Upacara Pengibaran Sang Merah Putih

0

DALAM suasana penuh keprihatinan akibat pandemi COVID-19, Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam memperingati HUT ke 76 Kemerdekaan RI melaksanakan secara sederhana dan terbatas dengan mengutamakan penerapan protokol kesehatan.

TENTUNYA dalam HUT ke 76 Kemerdekaan RI ini dilaksanakan tanpa mengurangi kekhidmatan dan makna penting yang terkandung dalam peringatan hari bersejarah bagi seluruh bangsa Indonesia.

Pemkab Barito Utara melaksanakan upacara pengibaran Sang Merah Putih di halaman Rumah Jabatan Bupti Barito Utara, dimana Bupati Barito Utara, H Nadalsyah bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Upacara diikuti oleh Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Ketua DPRD, unsur FKPD, dan Plh Sekda serta Staf Ahli, Asisten Sekda, Kepala Instansi Vertikal, dan kepala perangkat daerah yang mengikuti secara virtual.

BACA: Tingkatkan Disiplin, Pemkab Barut Gelar Apel Gabungan

Bupati Barito Utara dalam sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyampaikan bahwa jika dulu pahlawan berperang melawan penjajah yang merampas kemerdekaan bangsa, saat ini kita sedang berjuang melawan wabah COVID-19 yang telah merenggut kebebasan kita beraktivitas dalam 1,5 tahun terakhir, dan menimbulkan dampak ke semua sendi kehidupan dan pembangunan, mulai dari kesehatan, sosial, ekonomi, sampai pendidikan.

“Harapan kita semua pasti sama, yaitu merdeka dari wabah COVID-19. Selain itu kita tidak boleh lengah dari ancaman bahaya karhutla,” kata H Nadalsyah membacakan sambutan Gubernur Kalteng.

Bupati Nadalsyah juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Karang Taruna Kabupaten Barito Utara yang telah turut serta membantu pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan.

“Karang Taruna Barito Utara memberikan penghargaan berupa Piagam Karang Taruna Award 2021 kepada seluruh jajaran baik instansi maupun pihak lainnya yang telah turut membantu kegiatan dan perkembangan Karang Taruna Barito Utara,” kata Bupati H Nadalsyah.

Pada upacara pengibaran bendera Merah Putih yang dilaksanakan secara terbatas dan disiarkan melalui kanal youtube Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Ketua DPRD Hj Mery Rukaini, membacakan Pembukaan UUD 1945. AKP Rakhmadi yang bertugas sebagai perwira upacara, sementara Ipda Sukowo bertugas sebagai komandan upacara dan untuk pengibar bendera adalah Mohammad Afriza, Sandy Suta dan Salwa Aulia.

BACA JUGA: Pemkab Barito Utara Apel Gelar Pasukan Hadapi Kesiapsiagaan Bencana

Sementara, pada Selasa (17/8) pukul 00.00 WIB dilaksanakan apel kehormatan dan renungan suci dalam rangkaian peringatan HUT ke 76 Kemerdekaan RI di taman Makam Pahlawan KM 2 Dharma Persada Muara Teweh ruas jalan Muara Teweh-Puruk Cahu.

Dalam pelaksanaannya jumlah peserta terbatas dan Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Barito Utara, Abdullah bertindak sebagai Inspektur Upacara. Bupati Barito Utara, H Nadalsyah, Wakil Bupati, Sugianto Panala Putra, unsur FKPD, dan Asisten Administrasi Umum merangkap Plh Sekda turut hadir dalam apel kehormatan dan renungan suci yang berlangsung dengan khidmat.

Bupati Barito Utara, H Nadalsyah mengatakan bahwa kegiatan yang digelar setiap tahunnya ini dimaksudkan untuk mengenang para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa raganya demi memperjuangkan kemerdekaan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Momentum penting untuk bersama merenungkan jasa-jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Kita saat ini juga harus berjuang untuk mengisi kemerdekaan, terlebih dalam masa ini. Bersama kita bisa menanggulangi Pandemi COVID-19 dengan tetap menerapkan prokes,” kata Bupati H Nadalsyah.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.