Ekspor Komoditi Miliaran Rupiah, Sektor Pertanian Masa Depan Kalsel

0

KALIMANTAN Selatan berhasil mengekspor komoditas pertanian senilal Rp868,82 miliar.  Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA melepas ekspor tersebut di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Sabtu 14 Agustus 2021. Kini Sektor Pertanian mampu mengangkat harkat petani yang menjadi andalan masa depan Kalimantan Selatan.

KEGIATAN ekspor tersebut merupakan rangkaian Merdeka Ekspor yang digelar serentak Kementerian Pertanian RI di 17 pintu merdeka ekspor. Sedang secara nasional kegiatan ekspor di seluruh Indonesia dilepas secara daring oleh Presiden RI Joko Widodo dari Istana Bogor.

Safrizal mengatakan Kalsel berada di urutan ekspor ketiga, dan sangat luar biasa, mengingat di tengah pandemi Covid-19 masih bisa berpacu melakukan ekspor pertanian.

“Kita jangan berkecil hati, walau Kalsel urutan tiga secara nasional, tapi potensi kita lebih besar,” ucapnya.

Ia pun mengapresiasi, sebab situasi Kalsel selalu kondusif. “Banyak Provinsi di Indonesia  yang juga  memiliki potensi yang sama dengan Kalsel, tapi daerahnya tidak kondusif.  Ini berkat kerja Forkompida Kalsel, terutama bidang keamanan dan ketertibahn serta pertahanan sehingga Kalsel aman,” tuturnya.

BACA: Ekspor Kalsel Menurun Akibat Persaingan Global

Sektor peranian adalah masa depan Kalsel, paparnya, karena suatu hari sumber daya alam lainnya seperti tambang akan habis.  “Kita tidak bisa memperbaharui isi perut bumi. Jadi yang kita andalkan  sektor pertanian,” tandasnya.

Ia bangga, sebab hingga akhir Juli 2021 Kinerja ekspor komoditas pertanian asal Kalimantan Selatan meningkat sebesar 106,22% dengan nilai mencapai Rp4,97 triliun dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya senilai Rp2,41 triliun.    

Teks. PJ Gubernur Kalsel Safrizal Melepas Ekspor Pertanian Kalsel.

“Peningkatan ekspor ini tidak hanya dari nilai ekonominya saja, namun mencakup volume, frekuensi, negara tujuan, ragam komoditas maupun jumlah eksportir,” sebutnya.

Capaian prestasi ini, diharapkan menjadi kado indah bagi Provinsi Kalimantan Selatan yang tengah merayakan Hari Jadi ke-71 tahun. “Saya berharap capaian ini dapat memberikan peningkatan kesejahteraan bagi seluruh kalangan masyarakat hingga ke petani, dan mampu mengangkat harkat martabat petani di Kalimantan Selatan,” tambahnya.

Kepala Karantina Pertanian Banjarmasin Nur Hartanto menyatakan komoditas pertanian yang diekspor pada kegiatan Merdeka Ekspor kali ini terdiri dari Karet Lempengan, Daun Gelinggang, RBD Palm Olein, CPO, Palm Kernel Expeller dan Kayu Olahan (Plywood) dengan 9 negara tujuan ekspor.

“Komoditas pertanian yang di-lalulintas-kan melalui Pelabuhan Laut Trisakti Banjarmasin ini terdiri dari 6 ragam jenis dengan total volume lebih dari 60 ribu ton dan 1.922 meter kubik menuju 9 negara untuk ekspor yaitu India, China, Rusia, Vietnam, Korea Selatan, Brazil, Thailand, Philipina dan USA. “Keberhasilan ekspor komoditas pertanian yang dilakukan hari ini dapat menjadi bukti bahwa produk pertanian Indonesia khususnya,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.