Pemprov Kalsel Siapkan Aksi Penanganan Covid-19

0

PEMERINTAH  Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan menyiapkan beberapa rencana aksi penanganan Covid-19 di Banua. Rencana aksi dilakukan karena kasus virus corona  di banua belum mengalami penurunan kasus yang cukup signifikan.

SEKRETARIS Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar mengatakan, rencana aksi merupakan tindak lanjut dari Instruksi Mendagri mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa -Bali. 

Roy mengingatkan penanganan Covid-19 terintegrasi dari hulu sampai ke hilir untuk dapat berjalan dengan optimal.

“Pengananan tidak hanya di hilir saja, kita harus menangani hulu seperti pembatasan mobilitas sesuai level, pembentukan posko di level RT, percepatan vaksinasi, penguatan tracing kita juga nanti dibantu TNI/Polri melalui aplikasi Si Lacak,” kata Roy saat memimpin rapat evaluasi penanganan Covid-19 di Aula Kantor Gubernur Kalsel Banjarmasin, Kamis (12/8/2021).

BACA: Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi hingga Meroket, Pemprov Kalsel Diganjar Tito Penghargaan

Ia menilai, masih perlunya mengaktifkan kembali Tim Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) untuk mencegah penyebaran Covid-19,

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan Muslim mengatakan, perlunya penguatan testing, tracing dan treatment atau 3T.

Selain itu disampaikanya, intervensi kesehatan untuk mempercepat pengendalian juga diupayakan melalui vaksinasi. 

“Kita mendorong vaksinasi, kita mengupayakan penambahan vaksin sebanyak 126 ribu per minggu, selama ini hanya 38 ribu selama satu minggu, mudah mudahan ini bisa dipenuhi dari berbagai sumber,” katanya.

Muslim menyarankan agar tim satgas Covid 19 Prov Kalsel turun gunung untuk melakukan monitoring dan evaluasi penanganan Covid-19 ke Kabupaten/Kota.

Ia menambahkan, selain ketersediaan tempat tidur di Rumah Sakit, Kabupaten Kota dapat meningkatkan pemanfaatan fasilitas isolasi terpusat sebagai upaya menekan kenaikan angka terkonfirmasi.  “Ada kecenderungan isoman ini terabaikan, ini memicu penularan,” imbuhnya. (jejakrekam) 

Penulis Asyikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.