Pengurus MUI Kalsel Masa Khidmat 2021-2026 Resmi Dikukuhkan

0

SEJUMLAH pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalimantan Selatan periode 2021-2026 akhirnya resmi dikukuhkan pada Rabu (11/8/2021).

KEPENGURUSAN yang diketuai KH Husin Nafarin Lc MA dan Sekretaris Nasrullah itu, dikukuhkan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalsel Syafrizal ZA, di gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Pengukuhan tersebut dilakukan sesuai surat keputusan Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia. Perihal susunan dan personalia Pengurus Dewan Pimpinan Majelis Ulama, nomor Kep-796/DP-MUV/IV/2021.

Pj Gubernur menjelaskan, kegiatan pengukuhan tersebut dilaksanakan secara terbatas, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“MUI minta 150 orang tapi yang saya setujui hanya 30. Sebelum masuk mereka menjalani rapidtest antigen,” katanya.

BACA: Pengurus MUI Tanah Bumbu Resmi Dikukuhkan

Safrizal pun berharap agar pengurus MUI yang baru, bisa menjalankan tugas sesuai dengan fungsinya. “Satu di antara fungsinya MUI adalah sebagai penyampai kepada umat terkait kebijakan pemerintah, atau penyampai aspirasi umat kepada pemerintah,” pesannya.

Menurut Syafrizal pemerintahan yang dikawal oleh majelis ulama, akan mudah mewujudkan akuntabilitas. Bahkan kebijakan pemerintah tidak akan berjalan baik bila tidak mendapat dukungan MUI, termasuk upaya penanganan pencegahan dan penyebaran Covid-19.

Pemerintah ujar Safrizal mengandalkan ulama untuk mensosialiaasikan kepada masyarakat melalui tausiah mereka, mulai masalah penerapan protokol kesehatan hingga soal vaksin yang merupakan bagian ikhtiar dalam mencari ridha Allah SWT.

“Karena penjaga moral kita majelis ulama, yang akrab dengan pemerintah tentu mudah menyampaikan aspirasi masyarakat,” ujarnya.

Pengukuhan Pengurus MUI Provinsi Kalimantan Selatan

Anjuran Safrizal ini sejalan dengan pesan yang disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal MUI Pusat, Sholahuddin Al Ayyubi yang disampaikan secara virtual.

Diketahui, sebagai bukti dukungan pemerintah terkait vaksinasi, MUI Pusat menyelenggarakan pemberian vaksinasi Covid-19 kepada para pengurus, di Kantor MUI Pusat, Jalan Proklamasi Nomor 51, Menteng, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Pemberian vaksinasi untuk para pengurus MUI ini tidak hanya dilakukan di MUI Pusat, juga jadwalkan untuk seluruh MUI daerah baik yang berada di provinsi, kabupaten, dan kota.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.