Berdayakan Emak-Emak, Pemkot Banjarmasin Gelar Pelatihan WUB

0

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Banjarmasin melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin menggelar pelatihan Wira Usaha Baru (WUB) souvenir tas purun dan sasirangan yang berlangsung di Rumah Alam, Komplek Andai Jaya Persada Kecamatan Banjarmasin Utara, Rabu (11/08/2021).

KEGIATAN tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina dan dihadiri Ketua TP-PKK dr Hj Siti Wasilah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Muhammad Ikhsan Al-hak, serta Camat Banjarmasin Utara Apiluddin.

Ibnu Sina berharap semoga para peserta yang notabene adalah emak-emak dapat mengembangkan keterampilan dan juga punya kreasi yang bagus untuk pengembangan tas purun dan juga tas sasirangan sehingga melahirkan Wira Usaha Baru yang mampu menciptakan lapangan kerja.

BACA: Belum Termasuk Bansos, Pemkot Banjarmasin Gelontorkan Dana Rp 34 M untuk PPKM Level IV

“Mudah-mudahan dengan pelatihan ini lahir kreatifitas dan inovasi yang menarik, didesain tas purun yang fashionable kemudian juga layak dibawa ke acara-acara,” ucap H Ibnu Sina.

Selain itu, Ia menuturkan terkait ketersediaan bahan baku yakni tanaman purun itu sendiri akan ditanami kembali setelah dipanen atau dengan cara mendatangkan bahan baku dari daerah Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan.

“Sebetulnya juga bisa kalo mau ditanam lagi bisa semacam kampung purun juga yang di Mantuil kawasan yang masih luas yang bisa ditanam dan bisa didatangkan Kabupaten tetangga kita dari Barito Kuala dari Banjarbaru dari Hulu Sungai Utara,” tutur H. Ibnu Sina.

Sesuai dari data terhimpun acara tersebut digelar selama 3 hari sejak 11 Agustus 2021, dan berjumlah 25 peserta yang mengikuti pelatihan. (jejakrekam)

Penulis Asyikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.