Biaya Proyek Pembangunan Tugu Nol Kilometer Rp300 Miliar Direvisi

0

PEMBANGUNAN Taman Nol Kilometer (Tugu Nol Pal) di kawasan Gubernuran Kalsel Jalan Jenderal Sudirman Banjarmasin memang merupakan impian dari Gubernur H Sahbirin Noor. 

KEINGINAN Gubernur Kalsel tersebut adalah, ketika orang (siapa pun) berkunjung ke Banjarmasin, mereka dapat singgah ke kawasan Tugu Nol Kilometer sebagai Ikon Kota. Istilahnya, tidak pernah ke Banjarmasin atau ke Kalimantan Selatan kalau tak melihat kawasan tersebut.

Bahkan  rencana tersebut telah ditindaklanjuti dengan sayembara Taman Nol Kilometer, secara terbuka dan nasional diikuti 28 peserta pada Juli-Agustus 2017 silam.

Pemenangnya adalah para alumni dan mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung, dengan tinggi menara sampai 135 meter berdasar penilaian tim juri dan Gubernur H Sahbirin Noor.

BACA: Tugu Nol Pal Setinggi 99 Meter Diselimuti Tulisan Lam Jalalah

Kepala Bappeda Kalsel, Fajar Desira mengatakan, proyek fantastis tersebut diperkirakan menelan biaya Rp300 miliar lebih. “Ya proyek itu biayanya terlalu besar, sehingga perlu direvisi lagi,” ujarnya kepada jejakrekam.com .

Ia mengungkapkan, tugu itu akan tetap dibangun, tetapi akan direvisi lagi anggarannya, dan bisa lebih sedikit hingga saat ini masih dalam proses.

“Monumen Tugu Nol Kilometer  akan menjadi pusat atraksi utama di ruang terbuka hijau (RTH) di kawasan eks Kantor Gubernur Kalsel, Jalan Jenderal Sudirman Banjarmasin,” papar mantan Kepala Bappeko Banjarmasin ini.

Kini, kata Fajar, RTH-nya sudah nampak terlihat, juga bangunan lama sudah terenovasi. “Ya, kita juga sudah sering memanfaatkan untuk rapat yang digelar di Kota  Banjarmasin. Insya Allah Tugu Nol Kilometer bisa terealisasi,”  imbuhnya. (jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2021/08/10/biaya-proyek-pembangunan-tugu-nol-kilometer-rp300-miliar-direvisi/,Tugu nol banjarmasin,Tugu nol kilometer banjarmasin
Penulis Asyikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.