CSR Bank Kalsel Sokong Eksistensi UMKM Banjarbaru Ditengah Pandemi

0

USAHA Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam perekenomian nasional, dimana menjadi penggerak ekonomi domestik serta berkontribusi dalam perluasan kesempatan dan penyerapan tenaga kerja.

NAMUN, situasi pandemi saat ini memberikan dampak terhadap UMKM seperti penurunan omzet, terhambatnya distribusi bahan baku dan permodalan. Kondisi ini pun terjadi di Kalimantan Selatan tidak terkecuali Kota Banjarbaru dengan jumlah UMKM yang cukup besar di bidang kuliner.

Kondisi tersebut yang melatarbelakangi Bank Kalsel melalui Corporate Social Responsibility (CSR)-nya atas kerjasama dengan Pemkot Banjarbaru menyalurkan bantuan untuk pembangunan pusat jajanan kuliner dan wisata Kampung Pelangi sebesar Rp49 juta yang diterima langsung oleh Walikota Banjarbaru, M. Aditya Mufti Arifin (5/8/2021).

Bantuan tersebut diberikan sebagai bentuk kepedulian Bank Kalsel terhadap sektor UMKM  Banjarbaru khususnya di bidang kuliner yang sempat terpuruk akibat kondisi perekonomian saat ini. Diharapkan UMKM di sini nantinya bisa bangkit kembali dan menggairahkan daya beli masyarakat di Banjarbaru.

Pada kesempatan yang sama, Bank Kalsel juga memberikan bantuan dana untuk gerakan peduli isolasi mandiri (Garda Lima) sebesar Rp15 juta. Bantuan tersebut diserahkan melalui Pemkot Banjarbaru yang juga diterima oleh Walikota Banjarbaru, M. Aditya Mufti Arifin sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang menjalani isolasi mandiri (isoman) akibat terpapar virus Covid-19.

Bantuan ini merupakan bentuk sinergi Bank Kalsel dengan Pemkot Banjarbaru yang berinovasi dengan mengaktifkan posko gerakan isolasi mandiri di tiap – tiap kelurahan.

Diharapkan dengan bantuan ini dapat memenuhi kebutuhan sehari – hari masyarakat yang sedang menjalani isoman sehingga mereka dapat fokus dalam proses penyembuhan.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.